Pemerintah Kota Surakarta
Jaga Mood Tetap Oke di Awal Tahun
  January 1, 2023 10:15

Bagi beberapa orang tentu pernah merasakan perubahan mood secara tiba-tiba. Mood sendiri diartikan sebagai suasana hati atau perubahan emosi yang dirasakan seseorang. Dalam sehari, mood bisa saja berubah. Terkadang ketika mood sedang dalam keadaan baik, bukan tidak mungkin akan berubah karena suatu hal. Faktor yang membuat mood berubah pun beragam. Misalnya kondisi hormon, ketidakseimbangan zat kimia pada otak, adanya penyakit tertentu, hingga gangguan kesehatan mental.

Adanya perubahan mood secara drastis tersebut disebut dengan mood swing. Keadaan ini dapat membuat seseorang merasa bahagia, marah, sedih dalam waktu yang berdekatan. Bahkan jika tak segera diatasi, alih-alih akan timbul rasa ingin melukai dirinya sendiri atau lebih parahnya mengakhiri hidup. 

Agar menjalani hari-hari dengan penuh nyaman, maka sebisa mungkin kita harus menjaga mood supaya tetap baik. Terlebih pada tahun baru yang penuh dengan semangat dan harapan baru kedepannya. Dengan begitu, segala kegiatan dapat berjalan dengan lancar. 

Berikut beberapa tips untuk menjaga mood di awal tahun:

  • Berhenti menunda

Apabila memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, usahakan untuk segera melakukannya. Karena jika ditunda, bisa jadi malah menimbulkan masalah lainnya. Situasi ini yang memicu perubahan mood pada diri seseorang. 

  • Beristirahat dan dengarkan musik

Ketika kamu merasa mood sedang tidak baik, berhentilah dari beraktivitas sejenak dan jangan lakukan kegiatan apa pun. Sebab, hal ini akan membuatmu bertindak gegabah. Buat pikiran menjadi tenang dengan mendengarkan lagu kesukaanmu. Musik diyakini mampu menstabilkan hormon-hormon dalam tubuh. Jika sudah merasa membaik, kamu bisa lanjutkan aktivitasmu.

  • Memaksa senyum

Salah satu cara untuk membuat mood menjadi baik adalah dengan berpura-pura senyum. Tarik nafas dalam dan hembuskan dengan senyum. Tindakan tersebut jika dilakukan berulang dapat mengirimkan sinyal ke otak untuk menciptakan rasa tenang dan bahagia. 

  • Konsultasi ke psikiater atau psikolog

Mood swing yang sudah parah dan tidak bisa terkendali harus mendapatkan penanganan dari ahli profesional, seperti psikiater atau psikolog. Kemudian, kamu dapat bebas menceritakan keluhanmu. Apabila diperlukan, kamu akan diberi resep obat-obatan untuk membantu memulihkan mood swing. Setelah berkonsultasi dan mengetahui solusi, kamu bisa menjalankan kegiatan kembali. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga mood tetap stabil. Mari sambut awal tahun dengan hati yang bahagia. Supaya hari-hari selanjutnya dapat berjalan lancar dan kamu bisa menyelesaikan aktivitas dengan mudah.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

18

Visitors today

10

Visits total

425,314

Visitors total

330,656

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta