Pemerintah Kota Surakarta
Jelajah Kecamatan Jebres: Unggul Hingga Tingkat Nasional
  January 9, 2023 12:15

Kota Solo memiliki total 5 (lima) kecamatan, di antaranya adalah Kecamatan Jebres. Kecamatan ini terdiri dari 11 kelurahan, antara lain Gandekan, Jagalan, Jebres, Kepatihan Wetan, Kepatihan Kulon, Mojosongo, Pucangsawit, Purwodiningratan, Sewu, Sudiroprajan, dan Tegalharjo. 

Kecamatan Jebres telah dilengkapi dengan fasilitas publik yang terbilang cukup memadai. Seperti puskesmas, rumah sakit, lapangan, hingga taman. Sedangkan, program yang juga digiatkan di Kecamatan Jebres, terdiri dari posyandu (balita, remaja, lansia); Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS3R), dan pengadaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Fasilitas olahraga yang dimiliki Kecamatan Jebres, yaitu 1) Lapangan sepak takraw (Jalan Sutan Syahrir Komplek Pegadaian); 2) Lapangan Kelurahan Sewu (Jalan Gotong Royong Nomor 132, Sewu): 3) Lapangan Debegan (Jalan Debegan, Mojosongo, Kecamatan Jebres), 4) Lapangan Mojosongo (Jalan Tangkuban Perahu Nomor 2B, Mojosongo); 5) Lapangan Ngoresan, dan masih banyak lainnya.

Sementara, fasilitas kesehatan yang tersedia meliputi Puskesmas Purwodiningratan (Jalan Surya No 49, Kec. Jebres); Puskesmas Ngoresan (Jalan Kartika IV Nomor 12 RT.03/18, Kecamatan Jebres); Puskesmas Sibela (Jalan Sibela Timur Nomor 1 Perum Mojosongo, Kecamatan Jebres); Puskesmas Pucangsawit (Jalan Waringin Nomor 1 RT 03 RW 13 Pucangsari, Kecamatan Jebres); Rumah Sakit Dr. Moewardi; Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta; hingga Palang Merah Indonesia Surakarta.

Kecamatan Jebres juga punya fasilitas publik berupa taman, di antaranya Taman Jayawijaya Mojosongo, Taman Cerdas Kelurahan Jebres, Taman Satwa Taru Jurug , Taman Sunan Jogo Kali, Taman Pucangsawit, Taman Urban Forest Bengawan Solo, Taman Akar Pinang Sibat Sewu, Taman Cerdas Kelurahan Gandekan, Taman Gandekan Asri, Taman Tegalharjo, dan Taman Sekartaji.

Dengan segala keunggulan program dan fasilitas publik yang dimilikinya, membawa Kecamatan Jebres menjadi perwakilan Kota Solo untuk maju di kompetisi tingkat nasional. Salah satunya yang baru terselenggara pada tahun 2022, yakni Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional. Dalam kompetisi ini, potensi Jebres berhasil menarik perhatian dari tim penilai. Sehingga, juara 1 pun disandang Jebres dalam kompetisi bergengsi tingkat nasional ini. 

Pemerintah Kota Surakarta terus berinovasi untuk mewujudkan kelurahan dan kecamatannya menjadi unggul. Salah satunya yaitu dengan turut serta dalam berbagai perlombaan baik di lingkup internal hingga eksternal Kota Solo itu sendiri. Diharapkan setelah Jebres akan bermunculan kelurahan dan kecamatan di Kota Solo yang semakin matang untuk bersaing dengan wilayah-wilayah lain seluruh Indonesia. Dengan demikian, dapat menjunjung Kota Solo agar lebih tersohor di tingkat nasional.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

21

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta