Pemerintah Kota Surakarta
Integrasi Transportasi dengan Skybridge
  January 11, 2023 12:15

Kota Solo memiliki beragam transportasi umum yang dapat dimanfaatkan warga sekitar maupun wisatawan untuk dapat mengitari kota. Adapun transportasi umum tersebut, meliputi Batik Solo Trans (BST), feeder, Kereta Uap Jaladara, Kereta Batara Kresna, bus, hingga kereta api. Beberapa transportasi yang ada telah terintegrasi, artinya antara satu dan lainnya terhubung. Ini dapat dilihat dari dibangunnya skybridge

 

Skybridge atau jembatan layang merupakan penghubung antara Terminal Tipe A Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan. Bangunan ini berdiri sejak tahun 2017. Panjang jembatan tersebut sekitar 650 meter. Jika melewati skybridge ini, masyarakat dapat menghemat perjalanan yang seharusnya ditempuh 1,5 kilometer. Di sepanjang skybridge ini juga dilengkapi fasilitas penerangan dan CCTV, agar masyarakat yang menggunakannya lebih aman dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan. Dalam jarak yang telah ditentukan, juga disediakan bangku jikalau pengguna skybridge ingin beristirahat sejenak. Sisi kanan dan kiri terdapat tembok dan jendela kaca, sehingga aman apabila mengajak anak Anda melewati skybridge

 

Akses pintu keluar dan masuk berada di dalam peron Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tipe A Tirtonadi. Terdapat eskalator atau tangga yang digunakan untuk menjangkau skybridge. Dengan adanya skybridge, masyarakat pun bisa berjalan kaki tanpa perlu kepanasan maupun kehujanan. 

 

Selain itu, dari atas jembatan ini Anda dapat menikmati suasana Kota Solo, yakni rumah-rumah penduduk yang berjajar, hingga jalur kereta api yang menuju Stasiun Solo Balapan. Terlebih jika melewatinya saat sore hari, maka Anda bisa menyaksikan pemandangan senja dari atas skybridge. Bagi yang hobi fotografi, tempat ini juga cocok dijadikan spot foto menarik. 

 

Kemudahan menggunakan fasilitas publik, terkhusus transportasi umum terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kota Surakarta. Skybridge merupakan fasilitas yang sengaja dibangun untuk menciptakan kemudahan bagi masyarakat yang hendak meneruskan perjalanan dengan bus dari Terminal Tirtonadi ke Stasiun Solo Balapan, maupun sebaliknya. 

 

Diharapkan, akses publik ini mampu dimanfaatkan masyarakat yang tinggal di Solo, maupun masyarakat pendatang dengan baik. Untuk itu, pengguna skybridge ini diimbau supaya selalu menjaga keamanan dan keselamatan. Meskipun telah dipasang fasilitas keamanan, namun kita tetap harus secara pribadi berhati-hati jika melewati jembatan layang ini. Usahakan pula, saat melewati skybridge tidak sendirian dan dengan ditemani rekan. Yuk, cobain pengalaman baru menikmati sudut Kota Solo dari atas skybridge!

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta