Pemerintah Kota Surakarta
Kenali Perbedaan Pasar Kembang dan Pasar Nongko
  January 13, 2023 11:15

Solo merupakan salah satu kota yang masih memiliki banyak pasar tradisional. Pasar tradisional di Solo tidak hanya pasar yang menjual kebutuhan pokok dan dapur saja, tetapi terdapat beberapa pasar yang khusus menjual komoditas tertentu. Beberapa pasar tradisional di Solo pun juga menjadi destinasi wisata Solo.

 

Solo memiliki Pasar Kembang dan Pasar Nongko, dua pasar tradisional yang wajib dikunjungi bagi pecinta tanaman atau bunga-bunga segar. Untuk lebih mengenal kedua pasar tersebut dan mengetahui apa perbedaan kedua pasar tersebut, baca penjelasan di bawah ini.

 

Pasar Kembang, sentra bunga di Solo

 

Pasar Kembang terletak di Jl. Honggowongso, Kemlayan, Kec. Serengan,  Kota Surakarta Jawa Tengah 57141. Sesuai dengan namanya, sebagian besar barang yang dijual di pasar ini adalah bunga atau kembang. Berbagai jenis bunga segar dijual di pasar ini, seperti bunga mawar, matahari, krisan, dan sebagainya. Bunga yang dijual bisa digunakan untuk dekorasi, buket, atau bunga tangkai untuk hadiah. Selain itu juga terdapat bunga untuk ziarah, lengkap dengan pelengkapnya seperti keranjang bunga, lemper, kendi, payung, dupa untuk orang meninggal, dan ubo rampe lainnya. 

 

Pasar ini buka selama 24 jam, meskipun di malam hari penjualnya tidak sebanyak saat siang hari. Jadi jika ingin mencari bunga untuk kegiatan apapun bisa datang ke pasar ini.

 

Pasar Nongko, pasar tanaman hias dan hasil bumi 

 

Pasar Nongko beralamatkan di Jl. Hasanudin, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Di pasar ini diperjualkan hasil bumi, gerabah, makanan kecil, serta di salah satu sudutnya menjadi pusat jual beli tanaman hias. Terdapat puluhan kios tanaman hias yang akan memanjakan mata bagi pecinta tanaman hias. Selain tanaman hias, di pasar ini juga terdapat tanaman obat dan buah. Perlengkapan berkebun juga ada, seperti pot, pupuk, penyemprot tanaman, batu hias, dan aksesoris tanaman lainnya. Kios tanaman hias di Pasar Nongko bisa dikunjungi di jam 08.00 – 17.30 WIB.

 

Pasar ini tidak hanya hidup di siang hari saja, tetapi juga di malam hari. Saat malam hari banyak pedagang makanan yang berjualan di sekitar pasar. Jika Anda jalan-jalan malam hari di Solo cobalah kunjungi Pasar Nongko.

 

Jadi, jika Anda mencari beragam jenis bunga kunjungilah Pasar kembang di Jalan Honggowongso. Sedangkan, jika Anda mencari tanaman hias dan perlengkapannya, kunjungilah Pasar Nongko di Jalan Hasanudin. Harga yang ditawarkan di kedua pasar kebanggaan Solo ini juga tidaklah mahal, jadi tidak akan mengecewakan Anda jika Anda berkunjung.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

9

Visits total

425,214

Visitors total

330,597

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta