Pemerintah Kota Surakarta
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Manahan
  January 18, 2023 12:15

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) merupakan elemen perkotaan yang berfungsi sebagai fasilitas publik, yang dirancang sebagai jalur khusus bagi pejalan kaki. Oleh karena itu, sarana ini sudah seharusnya disediakan oleh pemerintah untuk pejalan kaki. Di Solo sendiri sudah memiliki Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), yaitu JPO yang menghubungkan Jalan Kolonel Sutarto dengan area RSUD Moewardi.

 

Saat ini, pemerintah Solo sedang membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) baru, yaitu di sekitar flyover Manahan. Lebih tepatnya, dibangun di depan ELTI Jalan Sam Ratulangi (Gremet) dan Jalan Hasanuddin (Badran) Kota Surakarta.

 

Pembangunan JPO ini diinisiasi karena tidak adanya akses bagi pejalan kaki dan pesepeda di sekitar flyover Manahan Solo, sehingga membuat pesepeda kesulitan ketika hendak menyeberangi jalur rel kereta api. Para pesepeda harus melewati flyover Manahan terlebih dahulu untuk bisa menyeberangi jalur rel kereta api tersebut, yang mana ini membutuhkan cukup tenaga dan waktu.

 

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Manahan ini mengusung konsep modern dengan panjang kurang lebih 20 meter dengan lebar 3 meter, sehingga pejalan kaki dan pesepeda bisa mengakses dengan leluasa. Untuk keamanan pengguna, di sepanjang sisi kanan dan kiri jembatan diberi pagar dengan bahan material yang solid serta dilengkapi dengan atap peneduh. Tak lupa juga dilengkapi dengan lampu penerangan. Sehingga JPO akan aman digunakan saat siang dan malam hari, juga saat hujan ataupun saat terik. Untuk memudahkan pesepeda dalam melintasi JPO, maka di JPO Manahan akan dipasang ramp jalur sepeda di anak tangganya.

 

Dikarenakan di bangun di atas rel kereta api, maka jarak jembatan dengan rel kereta api pun juga dipertimbangkan. Jarak lantai dasar jembatan dengan rel kereta api sejauh 6,2 meter, sedangkan ketinggiannya juga cukup tinggi, sehingga aman dari aktivitas kereta api. 

 

Saat ini Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Manahan masih dalam proses pembangunan. Jika sudah selesai, JPO tersebut bisa diakses oleh pejalan kaki dan pesepeda, sehingga bisa memudahkan pengguna jika hendak menyeberangi jalur rel kereta api. Selain JPO Manahan, Pemerintahan Kota Solo saat ini sedang melakukan banyak pembangunan infrastruktur lainnya, guna Kota Solo yang lebih maju. 

 

Diharapkan setelah selesai dibangun dan mulai bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, masyarakat bisa menjaga dan merawat JPO Manahan dengan baik. Begitu pula dengan fasilitas-fasilitas lainnya. Karena ini milik kita, jadi kita pun juga berkewajiban untuk menjaga dan melestarikannya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta