Pemerintah Kota Surakarta
Berkunjung ke Taman Sunan Jogo Kali
  January 21, 2023 11:15

Seiring berkembangnya zaman, perubahan demi perubahan selalu dilakukan di Kota Solo. Salah satunya dengan membangun fasilitas publik yang bisa dijadikan tempat healing di tengah hiruk pikuk kepenatan kota. Ini dapat ditemukan di Taman Sunan Jogo Kali. Sebuah tempat wisata berupa taman yang terletak di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres. 

 

Tempat ini menyuguhkan beragam fasilitas publik yang tentunya ramah anak. Terdapat wahana permainan yang bisa dimainkan, seperti trampolin, perosotan, mangkuk putar, ayunan, arena permainan memancing dan masih banyak lainnya. Beberapa mainan tertentu dibanderol dengan tarif mulai dari Rp5.000,00 (lima ribu rupiah). 

 

Ada juga hiburan live musik di lokasi ini. Dalam panggung yang disediakan, rutin digelar penampilan dari grup musik lokal, yakni orkes, keroncong, band rock, hingga musik pop. Selain itu, Taman Sunan Jogo Kali juga menjadi tempat diadakannya pagelaran Sendratari Ramayana. Acara tersebut juga dapat disaksikan secara live streaming melalui channel Youtube BALKAMTV, Disbudpar Surakarta, GIBRANTV, dan juga pariwisatasolo. 

 

Taman Sunan Jogo Kali memiliki beragam sisi menarik yang cocok dijadikan spot foto. Ornamen-ornamen yang dipasang menambah semarak lokasi ini. Terdapat hiasan lampion, baik yang berupa lampion bulat maupun berbentuk hewan semua ada di tempat ini. Kemudian, dilengkapi pula dengan payung raksasa di sisi tepi Sungai Bengawan Solo, sehingga pengunjung bisa lebih dekat menikmati aliran sungai ini tanpa takut kepanasan atau kehujanan. Lalu, masih banyak ornamen menarik lainnya, meliputi papan love, caping warna-warni, gapura yang dibentuk dari bambu, hingga patung-patung tokoh wayang juga ada. 

 

Jika lelah berkeliling Taman Sunan Jogo Kali, Anda bisa beristirahat sejenak di tempat yang disediakan. Ada banyak penjual streetfood yang bisa sedikit mengganjal perut kosong. Namun, apabila ingin makan berat, Anda juga bisa menemukannya penjual makanan berat di tempat ini, di antaranya nasi liwet, pecel madiun, ayam geprek, dan lain sebagainya. 

 

Taman ini merupakan salah satu tempat yang bisa direkomendasikan untuk berlibur bersama keluarga. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota. Tiket masuk ke lokasi Taman Sunan Jogo Kali tidak dikenakan biaya. Maka, semua kalangan masyarakat dapat menikmati berbagai wahana dan indahnya Sungai Bengawan Solo dari Taman Sunan Jogo Kali. Jika mengunjungi lokasi ini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya. Yuk, datang kemari dan nikmati fasilitas menarik yang ada di dalamnya!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

26

Visitors today

17

Visits total

417,633

Visitors total

326,254

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta