Pemerintah Kota Surakarta
Jelajah Kecamatan Serengan: Ada Expo Budaya Penggerak UMKM
  January 23, 2023 12:15

Salah satu wilayah yang berada di sisi Selatan Kota Solo adalah Kecamatan Serengan. Wilayah ini tersusun oleh 7 (tujuh) kelurahan, yaitu Kelurahan Danukusuman, Jayengan, Joyotakan, Kemlayan, Kratonan, Serengan, dan Tipes. Kini, wilayah yang mencakup Kecamatan Serengan ini telah mempunyai sejumlah fasilitas publik yang dapat dimanfaatkan warga sekitarnya. 

Adapun Kecamatan Serengan memiliki fasilitas olahraga yang terdiri dari Lapangan Pringgolayan (berada di Kelurahan Tipes) dan Lapangan Kartopuran (berada di  Jalan Kartopuran, Jayengan). Sedangkan, fasilitas kesehatan yang dimiliki kecamatan ini, di antaranya Puskesmas Jayengan  (Kartopuran RT 12, RW 5) dan Puskesmas Kratonan (Jalan Pringgondani Nomor 34). Sedangkan, ruang publik yang ada di Kecamatan Serengan mencakup Taman Cerdas Joyotakan serta Taman Cerdas Kelurahan Kratonan.

Tak hanya fasilitas publik saja, Kecamatan Serengan juga sering mengadakan expo rutin setiap tahunnya. Agenda ini mengangkat tentang potensi wilayah Kecamatan Serengan serta berbagai budaya yang berkembang di tempat tersebut. Pada periode yang berbeda, pengusungan tema untuk acara expo ini juga berbeda pula. Hal ini ditujukan agar setiap tahun selalu ada penyegaran konsep acara yang digelar. Dengan begitu, antusiasme pengunjung yang datang akan lebih meningkat karena tertarik dengan expo yang diadakan. 

Dalam penyelenggaraan expo yang bertajuk potensi dan budaya Kecamatan Serengan ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut terlibat dalam kesuksesan acara. Mereka berkontribusi untuk meramaikan acara dengan menjajakan produk buatannya. UMKM yang hadir berasal dari berbagai bidang, mulai dari kuliner, fashion, cenderamata, dan masih banyak lainnya. 

Acara expo tersebut tak hanya diramaikan oleh warga setempat saja. Namun, juga terbuka untuk masyarakat umum. Meskipun, tidak bertempat tinggal di Kecamatan Serengan, sangat diperbolehkan untuk datang dan mengunjungi stan-stan yang tersedia dalam acara expo ini. 

Adanya event tahunan tersebut, mampu membuka peluang bagi pelaku UMKM terutama untuk meningkatkan perekonomian. Maka, dapat menambah penghasilan pendapatan daerah. Diharapkan event tersebut terus terselenggara setiap tahunnya. Demikian, bisa mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Serengan yang ikut andil di dalamnya. 

Kegiatan tersebut bisa terselenggara dengan adanya kerja sama antar pihak terkait. Bahkan, jika bisa diterapkan di kecamatan-kecamatan lainnya pun akan lebih baik. Terlebih, apabila menjadi event rutin tahunan yang selalu dinanti-nantikan masyarakat. Dengan begitu, ekonomi Kota Solo akan bangkit, sementara UMKM menjadi semakin berkembang. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta