Pemerintah Kota Surakarta
Jelajah Kecamatan Pasar Kliwon: Pasar Klithikan Notoharjo
  January 30, 2023 12:15

Pasar Kliwon merupakan kecamatan di Surakarta yang terletak di tenggara kota. Kecamatan Pasar Kliwon terkenal sebagai perkampungan warga keturunan Arab-Indonesia. Kecamatan ini terdiri dari 10 kelurahan, yaitu kelurahan  Kampung Baru, Kauman, Kedung Lumbu, Baluwarti, Gajahan, Joyosuran, Semanggi, Mojo, Pasar Kliwon, dan Sangkrah. 

Di Kecamatan Pasar Kliwon terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Seperti Kampung Kauman yang dijuluki sebagai Kampung Wisata Batik, kemudian terdapat Pasar Klewer, pasar batik terbesar di Indonesia. Surga belanja Solo lainnya juga ada di kecamatan ini yaitu Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Solo Grosir (PSG). Selain itu, Keraton Surakarta juga berlokasi di kecamatan ini, tidak lupa dengan Alun-alun Kidul dan Alun-alun Lor yang berada di dekat keraton. Beberapa pasar tradisional juga ada di Kecamatan Pasar Kliwon, salah satunya Pasar Klithikan, pusat jual beli barang bekas.

Pasar Klithikan berlokasi di Jl. Sungai Serang I No. 313, Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon. Di sini dijual beragam barang dagangan, seperti pakaian, barang elektronik, perabotan rumah tangga, mainan, sparepart kendaraan, hewan, dan makanan. Sebagian besar barang dagangan yang dijual adalah barang bekas pakai, namun ada beberapa barang dagangan yang baru juga. Harga barang yang dibanderol di pasar ini pun sangat terjangkau. Sehingga pasar ini sering dijadikan sebagai tempat kulakan bagi penjual barang bekas, seperti penjual baju bekas (thrift).

Pedagang di Pasar Klithikan tidak hanya menjual barang saja, tetapi beberapa di antaranya juga ada yang menerima jasa servis (memperbaiki) barang. Selain itu, bagi Anda yang memiliki barang yang sudah tidak terpakai juga bisa menjualnya di pasar ini. Oleh karena itu, pasar ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung, baik pengunjung lokal asal Solo atau pengunjung luar daerah.

Pasar Klithikan bisa menjadi tujuan bagi Anda yang sedang mencari barang-barang bekas atau hanya ingin sekadar melihat-lihat saja. Jika ingin mengunjungi pasar ini lebih baik datang di waktu subuh karena jika sudah menginjak pukul 09.00 WIB pasar sudah mulai sepi. Setelah dari sini jangan lupa mengunjungi destinasi wisata lainnya di Kecamatan Pasar Kliwon.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta