Pemerintah Kota Surakarta
Nggak Ada Alasan Nggak Dolan ke Solo, 3 Destinasi Wisata Keren Menunggumu
  February 4, 2023 11:15

Solo semakin semarak dengan kehadiran beberapa destinasi wisata. Setidaknya awal tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta membuka 3 destinasi wisata, masing-masing Taman Pracima (Mangkunegaran), Masjid Raya Sheikh Zayed (Banjarsari) serta Solo Safari (Jurug).

Ketiga destinasi tersebut mewakili wisata Budaya, Religi dan Ekologi. Upaya membuka destinasi wisata, setidaknya akan memperkenalkan Solo sebagai kota yang ramah dan menyenangkan bagi banyak pengunjung.

Masing-masing destinasi memiliki beberapa keunikan sebagai nilai tambah. Yuk, kita kulik, apa saja keunikan masing-masing lokasi tersebut.

 Taman Pracima Mangkunegaran

Taman Pracima yang ada di kompleks Pura Mangkunegaran dikerjakan dengan memperhatikan unsur estetika dan budaya.

Lokasi ini melengkapi Mangkunegaran menjadi destinasi budaya yang selama ini sudah sangat dikenal masyarakat. Soft launching Taman Pracima dilakukan pada 21 Januari 2023. Keindahannya bak taman raja yang dipenuhi bunga-bunga cantik, bangunan estetik dan air mancur. Setiap spot sangat cocok untuk membagikan fotomu di media sosial.

Taman Pracima atau Pracima Tuin berarti taman yang terletak di bagian barat. Taman ini dibangun lantaran terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro VII.

Lokasi wisata ini mengukuhkan Pura Mangkunegaran memiliki peran kuat melestarikan budaya dan sejarah. Dalam sejarahnya, Pura Mangkunegaran pernah memiliki pasukan elite yang kala itu sangat disegani. Bangunan Kavallerie Artillerie yang masih tersisa di dalam kompleks Pura Mangkunegaran, merupakan markas pasukan elite tersebut.

 Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed merupakan ikon baru destinasi religi yang menjadi kebanggaan Solo. Masjid ini sudah diresmikan sejak 14 November 2022 lalu oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Masjid yang berada di Jalan Ahmad Yani 128, Gilingan, Solo ini merupakan areal bekas Depo Pertamina yang disulap menjadi masjid nan megah dan indah. Keindahannya tampak menonjol saat sore hingga malam, karena lampu-lampu yang dipasang di kubah masjid begitu indah. Sorotan lampu biru dan kuning bergantian menerangi kubah masjid bernuansa putih dan emas.

Replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi ini berdiri di atas lahan 8.000 meter persegi. Lantaran kemegahan dan kecantikan masjid, hingga saat ini banyak pengunjung yang ingin menikmati kemegahannya untuk berfoto dan diunggah di laman sosial media mereka.

 Solo Safari 

Tanggal 27 Januari 2023, merupakan tonggak penting bergairahnya pariwisata di Solo. Destinasi ekologi yaitu Solo Safari hadir di Solo melengkapi beberapa destinasi lain yang sedang digarap Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Solo Safari merupakan transformasi dari Taman Satwa Taru Jurug, yang kini dikembangkan lebih moderen dan profesional. Taman Safari Indonesia diminta untuk membantu mengelola destinasi satwa tersebut.

Tak hanya koleksi satwanya yang makin lengkap, namun berbagai wahana khas Taman Safari Indonesia juga hadir di Solo Safari. Salah satu yang menarik adalah atraksi satwa yang sudah terlatih oleh zookeeper Solo Safari.

Pengunjung bisa berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan di tempat tersebut, namun tetap didampingi zookeeper yang tersebar di beberapa lokasi. Dengan demikian pengunjung merasa lebih aman dan nyaman. 

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta