Pemerintah Kota Surakarta
Tinggi Muka Air (TMA) dan Papan Duga, Jadi Patokan Menentukan Elevasi Permukaan Air Sungai di Solo
  February 27, 2023 11:15

Solo dikenal memiliki banyak aliran sungai. Seluruh aliran sungai tersebut berkumpul di Sungai Bengawan Solo.

Salah satu aliran sungai yang melintasi Solo adalah Kali Pepe. Kali Pepe melintas dari wilayah Tirtonadi, PTPN (Kebalen) hingga Demangan dan Sewu. Semua aliran sungai terpantau elevasinya melalui pantauan Tinggi Muka Air (TMA) dan Papan Duga.

Pada kejadian banjir pada 16 Februari 2023 lalu, curah hujan yang sangat tinggi, menyebabkan air yang sangat melimpah dan sungai-sungai tak sanggup menampung debit air yang besar.

Banjir pada dasarnya disebabkan oleh tiga hal, yaitu, pertama, kegiatan manusia yang berdampak pada perubahan alam. Kedua, peristiwa alam seperti curah hujan sangat tinggi, yang menyebabkan kenaikan permukaan sungai atau air laut. Ketiga, degradasi lingkungan seperti hilangnya tumbuhan penutup tanah, pendangkalan sungai serta penyempitan alur sungai,

Guna memantau elevasi permukaan air sungai, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, selalu memasang papan duga yang digunakan untuk memantau Tinggi Muka Air (TMA). Seperti papan duga yang terpasang pada Pintu Air Demangan Baru di kawasan Demangan dan Sewu, Solo.

Yuk kita coba mengenal beberapa informasi mengenai apa itu Tinggi Muka Air (TMA) dan Papan Duga.

Tinggi muka air sungai merupakan elevasi permukaan air (water level) pada suatu penampang melintang sungai, terhadap suatu titik tetap yang elevasinya telah diketahui. Tinggi muka air biasanya dinyatakan dalam satuan meter (m) atau centimeter (cm).

 Bila terjadi fluktuasi permukaan air sungai, hal itu menunjukkan adanya perubahan kecepatan aliran dan debitnya. Upaya pengukuran tinggi muka air merupakan langkah awal dalam pengumpulan data aliran sungai sebagai data dasar hidrologi.

Data-data yang diperoleh dari tinggi muka air, misalnya bisa dimanfaatkan untuk perhitungan pengisian air pada waduk, menentukan perubahan kedalaman aliran dari waktu ke waktu untuk keperluan transportasi air, perencanaan pembangunan fisik di daerah dataran banjir dan lain sebagainya.

Sementara bila dibutuhkan untuk analisa hidrologi, data tinggi muka air digunakan sebagai dasar perhitungan debit, setelah dibuat hubungan antara tinggi muka air dan debit hasil pengukuran debit, yang dilakukan secara berkala. Di antaranya mencakup pengukuran debit pada muka air rendah sampai tinggi. Dengan demikian ketelitian dalam perhitungan data debit juga tergantung dari ketelitian pengukuran tinggi muka air.

Pengukuran tinggi muka air dapat dilaksanakan dengan cara manual menggunakan alat duga air biasa atau cara otomatis menggunakan alat duga air otomatik, yang dipasang pada suatu pos duga air sungai.

Untuk keperluan pendataan aliran sungai yang memerlukan waktu dengan periode panjang, maka pengukuran tinggi muka air dari suatu pos duga air harus menggunakan alat duga air otomatik.

Di sisi lain, pengukuran tinggi muka air cara manual dilaksanakan dengan membaca elevasi permukaan air yang tertera pada alat papan duga air biasa, yaitu alat duga air yang tidak dengan sendirinya dapat bekerja secara otomatis dalam mencatat fluktuasi muka air berdasarkan fungsi waktu.

Pengukurannya dilakukan oleh seorang pengamat secara teratur setiap harinya, minimal dilakukan tiga kali setiap harinya. Apabila diperlukan, frekuensi pengukurannya dapat ditambah, terutama selama terjadi banjir agar data muka airnya lebih lengkap. Pengamat secara teratur harus melaporkan datanya kepada instansi hidrologi yang berwenang.

Pencatat Duga Air Biasa, pada umumnya menggunakan papan duga yang dipasang di tepi sungai atau bendungan, sehingga tinggi muka air dapat langsung dibaca oleh petugas, peilschaal dapat dipasang secara vertikal atau miring sesuai dengan kondisi lapangan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

21

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta