Pemerintah Kota Surakarta
Warga Mengaku Puas, Sekali Urusan Semuanya Selesai dengan Cepat di Mall Pelayanan Publik
  March 3, 2023 12:15

Nggak nyangka, begitu masuk mall yang satu ini, suasana ramah dan nyaman sudah bisa dirasakan mulai pintu masuk.

Pintu kaca yang terbuka secara otomatis sudah menyapa setiap pengunjung yang masuk ke dalam mall. Begitu langkah kaki pengunjung memasuki areal dalam mall, buru-buru seorang pria yang selalu standby di dekat pintu masuk, sigap menyapa dan menanyakan keperluan masing-masing pengunjung.

Mall yang satu ini, bukan mall biasa yang menjual banyak keperluan konsumtif seperti fashion dan sebagainya. Namun mall yang satu ini adalah Mall Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman, karena letaknya memang yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Solo (Kawasan Gladak).

Waktu baru menunjukkan pukul 08.00 WIB. Solo tampak mendung, namun tak mengurungkan niat seorang perempuan berhijab putih bernama Siti masuk ke dalam MPP. Perempuan berkacamata itu langsung disambut oleh petugas yang berjaga. “Bisa kami bantu,” ujar , petugas berseragam cokelat tersebut.

Siti kemudian diarahkan menuju monitor besar merujuk pada jenis-jenis pelayanan yang bsia dipilih di MPP. Usai menekan monitor layar sentuh tersebut, tak berapa lama keluar secarik kertas yang memperlihatkan nomor antrean. 

Perempuan warga Kemlayan itu kemudian mengambil tempat duduk di sofa motif warna-warni yang empuk dan nyaman. Kurang dari 15 menit, Siti langsung dipanggil dan di arahkan untuk ke lantai dua (2) sesuai pelayanan yang diinginkan, yaitu perpanjangan SIM C. Di lantai atas, Siti tak lama kemudian, sekitar 5 menit menunggu, langsung dipanggil.                                        

Pengalaman pertama kalinya yang sangat berkesan ini disampaikan dengan jujur. “Sebelumnya saya ingin mengurus di layanan mobil keliling yang sering ada di Jalan Slamet Riyadi pada hari-hari tertentu. Tapi saya diarahkan sama seseorang untuk langsung datang saja ke Gedung MPP ini. Sangat memuaskan, ruangannya dingin, petugasnya ramah-ramah sejak di puntu masuk sampai semua urusan saya selesai, semua dilayani dengan baik,” demikian Siti mengungkapkan kesannya.

Kesan serupa juga dialami Elisa, warga Kadipiro yang mengurus pajak sebuah lembaga pendidikan. Sejak dari pintu masuk, petugas juga dengan sigap menanyakan loket yang dibutuhkan dan diarahkan ke lantai atas. Tempat yang bersih, dingin dan nyaman, tidak membuat Elisa merasa canggung lantaran petugas mengarahkan dengan sabar dan jelas ke dirinya. 

Saat menemui petugas dari Kantor Pajak, Elisa juga disapa dengan ramah dan bersahabat. Tak seperti antrean di tempat lain, di MPP durasi menunggu antrean sangat cepat, karena pelayanan di tiap loket juga dilakukan sangat cepat dan mudah. “Saya merasa terbantu dalam mengurus pajak,” ujar perempuan berkacamata ini.

Kehadiran MPP di Surakarta sudah ada sejak 28 Agustus 2020. MPP sendiri menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki Pemkot Surakarta guna memberikan pelayanan administrasi dengan cepat dan terpadu satu pintu. Bangunan dari MPP terdiri dari lima lantai, dimana lantai satu difungsikan sebagai tempat layanan 21 organisasi perangkat daerah (OPD), lantai dua sebagai pelayanan instansi vertikal dan Provinsi Jawa Tengah, lantai tiga sebagai kantor DPMPTSP, serta lantai teratas digunakan untuk ruang pertemuan. 

Pelayanan MPP sendiri memiliki jam operasional hari Senin-Kamis pukul 08.00-15.00 WIB dan Jumat pukul 08.00-11.00 WIB. Terdapat pelayanan pendampingan OSS yang dilakukan pada hari Jumat 13.00-16.00 WIB dan Sabtu 08.00-12.00 WIB.

Pada MPP ini sendiri terdapat 337 jenis pelayanan yang dapat digunakan masyarakat, dimana ini terdiri dari 184 pelayanan OPD Kota Surakarta, 177 berupa pelayanan instansi vertikal, 11 pelayanan BUMN/D, dan 4 pelayanan swasta.  

MPP dalam mencapai pelayanan terbaiknya, terdapat fasilitas yang dikhususkan untuk kaum disabilitas. Fasilitas ini terdiri dari kemudahan akses menuju gedung, toilet ramah disabilitas, kursi roda, dan terdapat petugas yang siap mendampingi.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta