Pemerintah Kota Surakarta
Kota Solo Jadi Magnet Konser Musik Nasional hingga Kelas Dunia. Top Lur…Music Tourism Dongkrak Kunjungan Tamu ke Solo
  April 1, 2023 10:15

Kota Solo menjadi salah satu kota yang aktif menggelar event-event konser baik skala nasional dan internasional dalam beberapa waktu terakhir ini. 

 

Seiring dengan gencarnya Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggelar acara event-event besar dan konser-konser, jumlah kedatangan tamu yang menginap di Solo juga makin meningkat. Keberhasilan Pemkot Surakarta dalam memromosikan Kota Surakarta, diakui oleh berbagai pihak. 

 

Kunjungan wisatawan di Solo terdongkrak lantaran banyaknya warga luar kota berdatangan guna mendatangi berbagai agenda event dan konser di Solo. 

 

Sedikit melirik ke belakang, ini beberapa di antaranya, event konser dan festival yang digelar di Solo:

 

  1. Dream Theater

Konser musik Dream Theater beraliran progressive metal ini memukau penonton di Gelora Manahan pada Rabu (20/8/2022). Lewat konser Top of the World Tour, konser kelas dunia Dream Theater di Indonesia menjadi pembuka tur mereka di Asia. 

 

  1. Deep Purple

Konser rock Deep Purple World Tour 2023 digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Jumat,10 Maret 2023.

 

  1. Solo City Jazz 2022 

Solo City Jazz merupakan agenda rutin yang digelar di Solo. Perhelatan itu digelar 14 Oktober-15 Oktober 2022 di Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pamedan Pura Mangkunegaran. Solo City Jazz merupakan agenda rutin yang digelar di Solo.

 

  1. Project D

Sebuah konser musik yang mendatangkan artis nasional pada 29-30 Oktober 2022. Konser musik Projek D digelar di De’Tjolomadoe.

 

  1. Solo Keroncong Festival

Memantapkan Solo sebagai kota keroncong dengan menggelar Solo Keroncong Festival (SKF) pada 24-25 Juli 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran dengan  tema Keroncong Fusion ‘witing tresno jalaran saka kulina’. 

 

  1. Konser Dewa 19 

Konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di Edutorium UMS pada 26 November 2022. 

 

  1. Rock in Solo 2022

Rock in Solo 2022 sukses digelar pada Minggu, 30 Oktober 2022 di Benteng Vastenburg, Solo, Festival musik cadas ini banyak mendatangkan grup-grup rock lokal, nasional dan internasional. 

 

Geliat Kota Solo dalam menggelar berbagai konser baik kelas dunia maupun nasional, menjadikan Surakarta sebagai music tourism. Dengan event-vent konser musik, secara berkesinambungan menghidupkan semua sendi perekonomian.  

 

Mengapa banyak pihak tertarik untuk menggelar pertunjukan-pertunjukan skala besar di Solo, lantaran berbagai daya dukung yang dimiliki Solo. Kemudahan aksesibilitas yaitu keberadaan infrastruktur sangat mengundang ketertarikan penyelenggara mendatangkan artis atau grup musik ternama. Solo memiliki banyak pendukung seperti dekat dengan Bandara, jalan tol, hotel berbintang, stasiun kereta api, terminal, transportasi umum yang baik, restoran atau rumah makan dan masih banyak lagi. 

 

Dengan demikian, ketika orang luar kota ingin menyaksikan sebuah acara konser atau festival, mereka tak kesulitan untuk memperoleh kemudahan akses yang dibutuhkan. Terlebih Pemkot Surakarta juga aktif, gencar dan membuka diri, mengajak serta mengundang semua pihak untuk menggelar berbagai event besar di Solo. 

 

Nggak usah ragu untuk datang ke Solo, karena Solo masih memiliki begitu banyak event-event menarik selanjutnya. (DK)

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta