Pemerintah Kota Surakarta
Refleksi Dua Tahun Pemerintahan Gibran-Teguh. Mantab! Warga dan Anak Muda Ikut Support Pembangunan Kota Solo
  April 2, 2023 10:15

Pemerintahan Gibran-Teguh, tahun ini genap berusia dua tahun. Kepemimpinan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa selama dua tahun menjalankan amanahnya, banyak sekali yang sudah dikerjakan.

 

Di mata anak muda, kemudahan fasilitas yang sudah disediakan oleh Gibran dan Teguh sangat dirasakan oleh anak muda. Mereka yang bergerak di berbagai sektor, termasuk pebisnis, merasakan manfaatnya. Hal itu tercermin dari obrolan anak muda yang menghadiri SUA-KARTA (Tatap Muka, Kata Anak Muda) yang berlangsung di Convention Hall Tirtonadi, Selasa (21/3/2023).

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dianggap sangat mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan oleh anak muda. Salah seorang narasumber yang diundang mengungkapkan, bahwa Pemkot Surakarta sangat mensupport kegiatan anak-anak muda yang tergabung dalam Dance Sport.

 

Demikian juga yang bergerak di bidang distro yang banyak memroduksi clothing terkenal di Kota Solo, juga merasakan dampak yang luar biasa dalam berbagai kemudahan Pemkot Surakarta saat ini. Tak jauh beda saat seorang narasumber dari komunitas e-sport juga semakin berkembang di Kota Solo.

 

Pemkota Surakarta terus mengembangkan pembangunan untuk semakin menaikkan pengembangan ekonomi di berbagai sektor, termasuk memberikan prioritas terhadap 17 titik prioritas yang sedang gencar dikebut oleh Pemerintahan Gibran-Teguh.

 

Kesempatan tatap muka dengan anak muda, dimanfaatkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka untuk menjelaskan 17 titik prioritas yang sedang dibangun Pemkot Surakarta. Di antara ke-17 titik prioritas, ada yang menjadi ikon destinasi wisata di Kota Solo dan bisa menjadi sumber peningkatan perekonomian di sektor pariwisata.

 

Sebagaimana diketahui 17 titik prioritas tersebut adalah:

  1. Masjid Raya Sheikh Zayed Solo
  2. Islamic Center
  3. Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo
  4. Revitalisasi Technopark
  5. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto
  6. Revitalisasi Kebun Binatang Jurug
  7. Shelter Manahan
  8. Revitalisasi Lokananta
  9. Revitalisasi Taman Balekambang Solo
  10. Revitalisasi Sentra IKM Meubel Gilingan
  11. Revitalisasi Pasar Jongke
  12. Revitalisasi Pura Mangkunegaran
  13. Museum of Culture and Technology
  14. PLTSA Putri Cempo
  15. Revitalisasi GOR Indoor Manahan
  16. Penataan Kawasan Kumuh Semanggi-Mojo
  17. Revitalisasi Keraton Surakarta Hadiningrat

 

Anak Muda Ikut Support

 

Tidak berlebihan, bila semua yang direncanakan oleh Pemkot Surakarta merupakan bentuk support terhadap semua kebutuhan anak muda Kota Solo yang kreatif dan produktif. Sehingga partisipasi anak muda juga sangat diperlukan dalam pembangunan yang sedang berjalan.

 

Salah satu yang bisa dilakukan anak muda adalah berkarya dan bisa memanfaatkan semua fasilitas yang dibangun Pemkot Surakarta dengan menjaganya lebih baik. Anak muda diberi kesempatan untuk menjadi generasi yang bangga dengan kotanya dan bisa memromosikan Kota Solo ke daerah lain dengan segala kemampuan yang dimilikinya.

 

Sekalipun sudah memberikan kebutuhan anak muda berupa fasilitas-fasilitas yang bisa dimanfaatkan, Pemkot Surakarta tetap membutuhkan masukan yang kritis agar bisa memperbaiki apa yang masih kurang.

 

Pertumbuhan ekonomi di Kota Solo ikut terpacu seiring dengan berbagai pembangunan yang gencar dilakukan Pemkot Surakarta.

 

Fakta pertumbuhan ekonomi Kota Solo tergambar dari perbandingan tahun 2020 hingga 2022. Saat 2020 pandemi Covid-19 menyebabkan pertumbuhan ekonomi minus 1,76 persen (yoy). Di tahun 2021 menjadi 4,01 persen (yoy). Di tahun 2022 naik tajam menjadi 6,25 persen (yoy), menjadi tertinggi kedua se Jawa Tengah dari 35 kota/kabupaten.

 

Kemudian ada catatan, dari hasil survei yang dilakukan oleh akademisi, diketahui bahwa Tingkat Kepuasan Pemerintahan Gibran-Teguh sebesar 96 persen. Warga Solo mengakui bahwa di bawah Pemerintahan Gibran-Teguh, warga sangat merasakan hasil dari kerja keras yang dilakukan dan memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi warga. 

 

Pemkota Surakarta juga berhasil memanfaatkan keterbatasan sumber daya kota menjadi sumber daya yang optimal melalui pembangunan-pembangunan infrastruktur. Tidak hanya menumbuhkan perekonomian, namun beberapa pembangunan juga menjadi sarana healing dan hiburan bagi warga Solo.

 

Dengan banyaknya warga yang merasa nyaman, maka menjadikan Solo sebagai kota yang sangat nyaman untuk dihuni. Belum lagi toleransi umat beragama dan etnis sangat terjaga. Hal ini menyebabkan banyak tamu sangat menyukai datang dan menginap di Solo. Hal ini berdampak, apapun event yang digelar selalu ramai pengunjung. Terdongkraknya perekonomian di Solo, juga ikut menekan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka.

 

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, meski demikian Pemerintahan Gibran-Teguh masih tetap membutuhkan support warga Solo, khususnya anak-anak muda yang kreatif untuk menumbuhkan perekonomian di Kota Solo. Bangga ya lur dadi wong Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

25

Visitors today

15

Visits total

425,321

Visitors total

330,661

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta