Pemerintah Kota Surakarta
Berburu Lenjongan di Pasar Gede Solo. Jajanan Manis yang Banyak Dicari Wisatawan di Solo
  May 4, 2023 11:15

Solo dikenal dengan jajanan pasar yang lezat dan manis. Sangat mudah memperoleh jajanan pasar, karena memang banyak sekali tersebar di berbagai pasar-pasar tradisional di Solo. Yang biasanya menjadi jujugan wisatawan yang datang ke Solo adalah Pasar Gede Hardjonagoro. Di tempat ini, kalau mau blusukan ke bagian dalam pasar, akan mudah menemukan jenis jajanan pasar. 

 

Selain lupis dan jenang (bubur) mutiara, ada juga lenjongan. Lenjongan adalah jajanan pasar yang mayoritas terbuat dari singkong. Lenjongan terdiri dari berbagai  makanan (Gendar, Klepon, Sawut, Jongkong, Gatot, Getuk, Tiwul, Cenil, Klepon, Ketan hitam, Ketan putih, Jagung (Grontol), lalu ditaburi parutan kelapa dan gula pasir ataupun gula merah cair.

 

Harga seporsi lenjongan lengkap, cukup murah, pasti sangat terjangkau para wisatawan yang ingin memanjakan jajanan pasar yang bikin kangen. Lenjongan ini tidak memakai pengawet, tidak pakai pewarna buatan. 

 

Warga Solo sendiri sering membeli dan menyantap lenjongan, karena termasuk kudapan favorit. Tidak harus lengkap isian lenjongan, pembeli bisa meminta sesuai selera. Misal hanya memilih gatot dan tiwul saja juga boleh. Atau cenil dan ketan saja juga diperbolehkan. Semua jajanan itu dibungkus dengan daun pisang yang membuat makin sedapnya jajanan tersebut. 

 

Untuk rasa, semua jajanan lenjongan ini memiliki kesamaan, yaitu hampir semua isinya kenyal-kenyal. Cara penyajiannya sesuai apa yang dipilih oleh pembeli kemudian atas ditaburi parutan kelapa dan ditaburi gula pasir yang halus atau pembeli ingin ditaburi gula merah cair juga bisa sesuai selera pembeli. Manis menjadi rasa dominan lenjongan. Teksturnya kenyal, ada sedikit rasa gurih yang berasal dari kelapa parutnya.

 

Lenjongan Pasar Gede memang sudah sangat terkenal, terutama para wisatawan yang berkunjung ke Solo. Penjual lenjongan sudah buka sejak pukul 07.00 pagi. Tapi jangan ditanya, merangkak ke pukul 09.00, sudah minta ampun pembeli yang mengantri. Dalam sehari bisa sebanyak 150-200 bungkus terjual habis. 

 

Meski antri, namun pelayannya sangat cepat. Penjualnya cukup cekatan dalam meracik dan membungkus setiap lenjongan. Dari pantauan, ada pembeli yang berasal dari Pekalongan, memborong 10 bungkus lenjongan. Sementara pembeli lain ada yang membeli hingga 15 bungkus. Mereka mengaku sangat senang dengan jajanan lenjongan dan akan dibagikan ke saudara-saudara yang sedang berkumpul di Solo. 

 

Sekalipun berjualan di tempat yang tak begitu luas, namun pembeli cukup tertib menunggu penjual lenjongan melayani pembeli lain. 

 

Beberapa warga ada yang memakan di Pasar Gede sembari mampir ke es dawet telasih. Perpaduan kudapan lenjongan dengan es dawet memang sangat asyik disantap. Sudah pernahkah kalian mencicipi lenjongan khas Solo di Pasar Gede? Kalau belum, segerakan langkahmu, bergegas memburu lenjongan di pagi hari. Pengalaman blusukan ke Pasar Gede antri membeli lenjongan, juga sangat keren kalau kalian unggah di sosial mediamu. Selamat berburu lenjongan di hari liburmu ya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta