Pemerintah Kota Surakarta
Viaduk Gilingan Sudah Mulai Pengupasan Aspal untuk Penurunan Elevasi Jalan. Nantinya Kendaraan Berdimensi Besar Bisa Lancar Melintas
  May 9, 2023 11:15

Alat berat eskavator, tampak bekerja mengeruk jalan di sisi barat dan timur Viaduk Gilingan di Jalan Ahmad Yani. Pengupasan aspal jalan dilakukan untuk penurunan elevasi jalan, agar ketinggiannya bertambah. Sehingga kelak bisa dilalui kendaraan besar seperti bus dan truk, sesuai dengan desain proyek. Sebagian jalan di sisi timur atau yang berdekatan dengan Masjid Raya Sheikh Zayed sudah dilakukan pemasangan besi beton. Sementara sisi barat viaduk atau di depan Perumahan CPM (Corps Polisi Militer) juga sudah dikeruk.

 

Lalu lintas dump truk pengangkut material tanah keruk, hilir mudik mengangkut tanah yang dikeruk dengan eskavator. Sementara beberapa pekerja proyek membantu mengawasi situasi jalan, saat truk mengangkut material tanah. Sebuah truk tampak kesulitan di jalan menanjak, lalu dengan bantuan dorongan dari eskavator, truk tersebut kembali lancar berjalan mengangkut material tanah. Begitulah gambaran yang terlihat saat ini, di awal Bulan Mei 2023.

 

Ruas jalan viaduk sisi barat, sudah steril dari parkir dan lalu lalang kendaraan, sehingga pengerahan alat-alat berat yang dilakukan Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah (BTP Jateng) cukup lancar untuk merampungkan progress proyek Viaduk Gilingan. Meski bagian sisi timur viaduk juga tengah dalam pengerjaan, namun dipastikan pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed tidak terganggu, karena bisa masuk melalui sisi timur viaduk (Perempatan Pasar Ngemplak).

 

Guna memastikan keamanan pengerjaan proyek, kini di sisi barat viaduk terpasang barikade di pertigaan Gilingan, yang hampir menutup akses masuk ke proyek. Hanya mereka yang berkepentingan, seperti pekerja proyek dan warga setempat yang diizinkan masuk. Setiap hari ada penjagaan dari kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di sisi barat. Jadi, teman-teman jangan sesekali masuk ke lokasi proyek tanpa izin, agar tidak mengganggu aktivitas pekerja. Disiapkan beberapa flag man yang ikut mengatur keluar masuk kendaraan proyek yang mau melintasi pertigaan Gilingan.

 

Di sisi barat viaduk, tepatnya di depan kompleks CPM, sudah terpasang pipa berukuran besar. Pipa itu sudah tertanam di dalam tanah, yang nantinya difungsikan sebagai sistem drainase agar kelak kawasan sekitar Viaduk Gilingan tidak kebanjiran. Sistem drainase tersebut terhubung dengan Kalianyar, yang tidak jauh dari lokasi proyek viaduk. Beberapa material lain juga sudah disiapkan di sekitar lokasi pengupasan aspal.

 

Pengerjaan proyek Viaduk Gilingan sudah mengantisipasi bila diguyur hujan lebat. Air hujan tidak berhenti di bawah viaduk, namun bisa langsung dibuang melalui sistem drainase yang terhubung langsung ke Kalianyar. Pengerjaan drainase ini memang menjadi salah satu item pengerjaan yang cukup penting, guna menunjang pekerjaan jembatan konstruksi kereta api.

 

Terlihat genangan air di lokasi pengupasan aspal, karena Kota Solo beberapa hari terakhir diguyur hujan. Namun kendala tersebut bisa diatasi dan proyek masih berjalan lancar. Kelak di ruas jalan Ahmad Yani yang melintas di bawah viaduk, juga akan diperlebar. Dengan demikian, diharapkan arus lalu lintas lebih lancar. Dan kendaraan berdimensi besar, seperti bus dan truk, tidak lagi kesulitan melintas di Viaduk Gilingan.

 

Kelak, selain menjadi akses utama kendaraan dari arah barat menuju Masjid Raya Sheikh Zayed, di sisi selatan akan disediakan akses pejalan kaki yang sangat nyaman, menuju Masjid Raya Sheikh Zayed. Juga disiapkan pembatas, agar akses pejalan kaki tidak terganggu dengan akses jalan raya.

 

Proyek Viaduk Gilingan ini merupakan salah satu rangkaian pembangunan rel layang (elevated rail) Simpang Joglo, yang saat ini juga tengah dalam progres pengerjaan. Revitalisasi Viaduk Gilingan merupakan bagian dari Elevated Rail Simpang Joglo, yang menjadi salah satu 17 titik prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Kalau sudah jadi, proyek Simpang Joglo dan Viaduk Gilingan, makin cakep dan keren.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta