Pemerintah Kota Surakarta
Sentra IKM Gilingan, Sudah Terlihat Bangunan Tiga Lantai. Kelak Dilengkapi Ruang Pamer Mebel Terbaik Kualitas Ekspor dan Beragam Pelatihan IKM
  May 10, 2023 11:15

Beberapa pekerja terlihat bekerja di lantai dua. Tiang-tiang kerangka besi berwarna merah sudah tersusun pada tempatnya dan memperlihatkan bentuknya sebagai bidang-bidang bangunan. Pekerjaan terus dilakukan mulai dari areal depan hingga belakang.

 

Proyek revitalisasi Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel Gilingan di Jalan Ahmad Yani, Gilingan Solo ini terus berjalan. Seperti semua proyek pembangunan pada umumnya, terpasang pagar seng menutupi seluruh areal bekas Pasar Mebel Gilingan tersebut. Alat berat eskavator terlihat sibuk mengeruk tanah di bagian depan bangunan, yang kemudian ditumpahkan pada sebuah dump truk.

 

Saat melihat perkembangan proyek pada awal Bulan Mei 2023, di bagian belakang, di lantai bawah sudah dibangun tembok-tembok. Sementara juga terlihat satu akses jalan naik ke lantai dua dan tiga. Akses jalan naik ke lantai satu dan dua, terlihat cukup lebar dengan penopang dan pembatas besi-besi baja berukuran besar.

 

Para pekerja mengerjakan bagiannya masing-masing, baik di lantai satu, dua dan tiga. Tampak dua pekerja di lantai dua yang melakukan pengelasan pada tiang-tiang pancang. Beberapa lagi mengusung beberapa material logam dan memasangnya dengan presisi.

 

Sentra IKM Gilingan ini menempati lahan sekitar 5.000 meter persegi, namun tidak semua digunakan untuk bangunan fisik. Sentra IKM Gilingan diarahkan sebagai fasilitas penting untuk mendukung kualitas dan pemasaran produk-produk mebel. Maka peruntukan gedungnya pun mengikuti dengan gagasan tersebut, yaitu sebagai ruang produksi, ruang promosi, ruang pengelola, joglo dan ruang terbuka.

 

Proses pembangunan yang sudah diawali dengan groundbreaking pada 19 Juli 2022 oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta itu, kini terus dilakukan guna mempercepat realisasi keberadaan Sentra IKM Gilingan. Setidaknya nanti ada beberapa bangunan yang bakal digarap. Bangunan bagian depan, difungsikan sebagai ruang pamer atau ruang promosi, produksi dan kantor Sentra IKM Gilingan. Di bagian belakang sebagian besar sebagai ruang produksi, plitur dan pengeringan mebel atau proses mengurangi kadar air dalam kayu

 

Guna menunjang kemampuan dan kapasitas perajin dan pedagang mebel yang berorientasi ekspor, Pemkot Surakarta juga akan memfasilitasi berbagai pelatihan agar pedagang dan perajin di Sentra IKM Gilingan bisa melakukan ekspor. Sehingga semua produk mebel yang ada di Sentra IKM Gilingan merupakan produk mebel yang layak ekspor. Dengan mengedepankan kualitas ekspor, pelaku industri mebel mempunyai bekal untuk berkembang dan memiliki daya saing di pasar nasional hingga internasional.

 

Maka pemanfaatan fungsi ruang yang kelak direncanakan seperti keberadaan ruang pamer atau showroom menjadi penting sebagai etalase hasil industri mebel terbaik. Ruang produksi juga tak luput dari perhatian, karena melalui pelatihan, pengerjaan mebel yang mempunyai standar baik bisa diperlihatkan.

 

Pedagang mebel semakin memiliki kesempatan memperoleh transaksi yang baik, karena semua aspek, termasuk kualitas mebel sudah melalui tahap pengerjaan yang baik. Transaksi yang nyaman bisa dilakukan langsung di Sentra IKM Gilingan. Sementara gudang penyimpanan mebel termasuk yang akan disiapkan. Sehingga penataan bangunan dengan konsep Sentra IKM mebel bisa mendukung kemajuan industri mebel yang naik kelas.

 

Revitalisasi Sentra IKM Gilingan ini menjadi salah satu dari 17 titik prioritas Pemkot Surakarta. Pengerjaan yang terus dilakukan, setidaknya memberikan harapan bagi pedagang, perajin dan warga Solo, bahwa Sentra IKM Gilingan menjadi sentra mebel terbaik di Kota Solo. Sentra IKM ini juga sarat dengan program pengembangan yang di dalamnya terdapat berbagai pelatihan-pelatihan.

 

Pemkot Surakarta mengundang berbagai pihak dalam bentuk kerja sama lintas sektor yang bisa disinergikan, seperti manajemen, penguatan produksi dan sebagainya. Bukan hanya mendongkrak industri mebel, namun Sentra IKM Gilingan bisa digunakan untuk mendongkrak pariwisata, karena akan banyak mebel-mebel berkualitas baik yang bisa menjadi tujuan wisata belanja mebel

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta