Pemerintah Kota Surakarta
Cuaca Panas Mulai Datang, Berikut Tips Menghadapinya
  May 25, 2023 11:15

Anda pasti akhir-akhir ini merasa cuaca terasa begitu panas, bukan? Cuaca panas yang saat ini terjadi dikarenakan Indonesia mulai mengalami peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Sejalan dengan hal tersebut, menurut prakiraan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), musim kemarau di Jawa Tengah akan dimulai pada bulan Mei. Sehingga panas matahari pada siang hari di Kota Solo seperti saat ini, terasa begitu menyengat tubuh. 

 

Kondisi cuaca panas seperti saat ini memanglah rutin terjadi setiap tahunnya. Meskipun demikian, ada baiknya Anda tetap waspada dengan melakukan perlindungan diri agar tidak terkena dampak buruk dari cuaca panas. Berdasarkan dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa tips menghadapi cuaca panas yang bisa Anda terapkan.

 

  1. Cegah terjadinya dehidrasi dengan minum air yang banyak, bukan hanya minum saat haus datang.
  2. Hindari mengonsumsi minuman manis, minuman berkafein, minuman berenergi, dan minuman beralkohol.
  3. Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari secara langsung, jika keluar rumah gunakan topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari
  4. Memakai pakaian yang berbahan ringan dan longgar
  5. Hindari menggunakan pakaian yang berwarna gelap, karena warna gelap bisa menyerap panas
  6. Jika sudah memasuki jam 11.00 – 15.00 siang, usahakan Anda tetap di dalam ruangan atau berteduh.
  7. Sebelum keluar rumah, gunakan tabir surya atau sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh pakaian 
  8. Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan saat dalam kondisi parkir, baik dengan jendela terbuka maupun tertutup
  9. Siap sedia botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan

 

Terik matahari di cuaca panas seperti saat ini bisa menurunkan imunitas tubuh, sehingga akan menyebabkan tubuh rentan mengalami masalah kesehatan. Oleh karena itu, perlu untuk diwaspadai. Jadi, jangan lupa melakukan langkah-langkah di atas ya.

 

Dan jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit akibat cuaca panas seperti keringat berlebih, kulit terasa panas dan kering, kulit terlihat pucat, kram pada kaki maupun pada daerah perut, rasa berdebar berlebih, mual, muntah, pusing, dan urin berwarna pekat, segera lakukan penanganan. Penanganan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mendinginkan tubuh pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya dengan menggunakan kain basah serta perbanyak minum air. 

 

Namun, jika gejala tersebut tetap berlanjut segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Jaga terus kesehatan Anda, agar Anda tetap bisa menjalani aktivitas dengan sebaik mungkin.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta