Pemerintah Kota Surakarta
Kori Brajanala Lor, Akses Pintu Masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang Keren dan Estetik Banget
  June 7, 2023 11:15

Salah satu spot yang paling kerap muncul di artikel-artikel online adalah foto Kori Kamandungan dan Kori Brajamala Lor di lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Demikian juga ketika di suatu sore, serombongan wisatawan lokal yang mengunjungi keraton, bergegas mengambil gambar pada Kori Kamandungan dan Kori Brajamala Lor.

Kori Brajanala Lor merupakan salah satu destinasi yang paling banyak ditampilkan video dan fotonya di akun-akun sosial media dan artikel-artikel online. Mengenal Kori Brajanala cukup mengasyikan. Kori adalah sebuah pintu gerbang atau pintu masuk. Sebutan ini sangat lazim dalam masyarakat Jawa, khususnya Solo.

Kori Brajanala Lor berada di lingkungan Kampung Baluwarti kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kori Brajanala diapit oleh Siti Inggil yang berada di sisi utaranya dan Kori Kamandungan yang berada di sisi selatannya.

Bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Sinuwun Pakubuwono III. Kori Brajanala adalah salah satu dari empat kori yang mengelilingi keraton, yaitu kori lor (utara), kori kidul (selatan), kori wetan (timur) dan kori kulon (barat).

Kori Brajanala Lor sendiri termasuk pintu masuk yang paling sering dilalui oleh wisatawan yang ingin berwisata ke keraton. Bisa disebut sebagai akses utama menuju kompleks keraton. Setelah melalui Jalan Supit Urang, maka pengunjung bisa langsung menemui Kori Brajanala Lor.

Atap Kori Brajanala Lor berbentuk trapesium. Mirip joglo namun tanpa tiang dan ditopang dengan dinding yang menjadi satu dengan tembok. Ada dua daun pintu jati berukuran sangat besar, tinggi dan tebal.

Yang cukup menarik, bagian yang menjadi satu dengan Kori Brajanala Lor ini adalah keberadaan bangsal. Kori ini dari bagian luar diapit oleh dua bangsal, yang sering disebut Bangsal Brajanala Kiwo (kiri) dan Brajanala Tengen (kanan). Fungsi dari bangsal ini dahulu sebagai tepat berjaga perajurit keraton.

Sementara pada bagian dalam juga terdapat dua bangsal yang mengapitnya, yang disebut Bangsal Wisamarta Kiwo dan Bangsal Wisamarta Tengen. Fungsi sama, yaitu digunakan sebagai tempat berjaga prajurit keraton.

Bila melihat secara detail dari sisi selatan atau dari titik Kori Kamandungan, bisa dilihat sebuah menara. Menara itu adalah menara lonceng atau biasa disebut dengan Jam Panggung. Di bagian lain, ada sebuah penanda dari kulit sapi persegi yang mengisyaratkan tahun pembangunan kori di era Pakubuwono III tahun 1708 (Tahun Jawa) atau 1782 M.

Kalau wisatawan dari luar kota Solo saja selalu ingin mampir ke keraton, kalian juga harus nggak mau ketinggalan untuk dolan-dolan ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Lakukan penelusuran di beberapa spot yang kalian anggap menarik. Dijamin hasil-hasil gambarnya pasti estetik banget. Dan tentu jangan lupa, bagikan pengalaman menarikmu di akun media sosial masing-masing.

Ada begitu banyak destinasi menarik yang bisa kalian kunjungi di dalam Kampung Baluwarti. Tentu semua bangunan yang bernilai sejarah tinggi itu, masing-masing memiliki cerita-cerita yang bisa kalian kutip. Apalagi kalau kalian yang mau mempersiapkan pernikahan, cukup keren juga kok bisa dijadikan foto-foto prewed (pre wedding) kalian. Cus, yuk kunjungi keraton.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,221

Visitors total

330,603

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta