Pemerintah Kota Surakarta
Mengenal Apa itu Prediabetes
  July 1, 2023 10:15

Prediabetes adalah suatu kondisi ketika kadar gula dalam darah sudah melebihi batas normal, namun belum mencapai tingkatan pada penderita diabetes tipe 2. Meskipun begitu, kondisi ini tetaplah serius dan perlu mendapatkan perhatian karena dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2 jika tidak ditangani dengan baik. Kalian akan lebih mengenal tentang apa itu prediabetes secara mendalam.

Pentingnya memahami konsep prediabetes terletak pada peranan glukosa sebagai sumber energi dalam tubuh. Glukosa, yang merupakan karbohidrat sederhana, diperlukan oleh tubuh. Mayoritas glukosa dalam tubuh berasal dari makanan yang kalian konsumsi sehari-hari.

Namun, untuk mengolah glukosa menjadi energi, tubuh membutuhkan bantuan dari hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Sayangnya, terdapat gangguan pada proses ini, baik karena pankreas tidak menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup, atau karena terjadi resistensi insulin.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian yang berisiko tinggi mengalami prediabetes untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin kepada dokter. Pemeriksaan ini perlu dilakukan secara dini agar penanganan dapat segera diberikan. Dengan langkah tersebut, risiko terjadinya diabetes tipe 2 dapat dicegah.

Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar gula darah puasa kalian mencapai 100 mg/dL atau lebih, terutama setelah beberapa kali pemeriksaan, segeralah mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Namun, ada kabar baik: prediabetes dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Beberapa upaya yang dapat kalian lakukan antara lain adalah:

  1. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memperhatikan komposisi nutrisi yang terkandung di dalamnya.
  2. Meningkatkan asupan makanan yang kaya serat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum utuh.
  3. Melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.
  4. Menjaga berat badan agar tetap ideal sesuai dengan indeks massa tubuh yang dianjurkan.
  5. Memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh dan tidur yang berkualitas.
  6. Melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk memantau kondisi tubuh.
  7. Menghindari kebiasaan merokok yang berdampak negatif bagi kesehatan secara umum.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kalian dapat meminimalisir risiko terjadinya prediabetes dan menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik.

Prediabetes merupakan kondisi yang serius, namun kalian dapat menghadapinya dengan gaya hidup yang lebih baik dan perawatan yang tepat. Mari kalian jaga kesehatan tubuh dan menghindari bahaya prediabetes.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta