Pemerintah Kota Surakarta
Menjaga Fasilitas Umum dan Ruang Publik: Tanggung Jawab Bersama
  December 4, 2023 11:30

Fasilitas umum dan ruang publik memegang peranan penting sebagai tempat bersama bagi masyarakat. Ruang ini menjadi tempat yang dapat dinikmati oleh siapa pun, dengan tanggung jawab yang sama untuk menjaga kebersihannya dan kelancarannya.

Tidak hanya merupakan tanggung jawab pengelola, namun juga merupakan kewajiban bersama untuk menjaga kelestarian fasilitas umum dan ruang publik. Dalam rangka menjaga fasilitas ini, terdapat beberapa himbauan yang patut diperhatikan oleh kita semua.

Tanggung Jawab Bersama

  1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Meskipun tampak sepele, membuang sampah pada tempatnya merupakan praktek yang sangat penting. Meski fasilitas umum telah dilengkapi dengan tempat sampah, seringkali masih ditemui kesulitan dalam menjaga kebersihan. Satu tindakan membuang sampah sembarangan bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukannya pula. Hal ini akan berujung pada kerusakan fasilitas dan kenyamanan penggunanya.

  1. Gunakan Fasilitas Dengan Baik

Kasus pencurian atau vandalisme yang merusak fasilitas umum sering terjadi. Penting untuk menggunakan fasilitas umum dengan penuh tanggung jawab dan menghindari perbuatan yang dapat merusaknya. Upaya kecil seperti tidak merusak fasilitas atau mencoret-coret dapat menjaga keindahan dan keberlangsungan fasilitas tersebut.

  1. Patuhi Aturan yang Berlaku

Meskipun dapat diakses oleh semua orang, tetaplah patuh pada aturan yang berlaku di fasilitas umum. Contoh, saat berada di taman, perhatikan aturan yang melarang menginjak rumput atau batasan lainnya. Begitu juga saat menggunakan transportasi umum, patuhi aturan yang mengatur penggunaan fasilitas tersebut.

Pentingnya Kebersamaan dalam Menjaga Fasilitas Umum

Menjaga fasilitas umum dan ruang publik bukan hanya urusan pengelola, namun merupakan tanggung jawab kita bersama. Dengan mematuhi himbauan untuk menjaga fasilitas umum dan ruang publik, kita dapat memastikan kelancaran dan kenyamanan bagi semua pengguna. Kita harus menjaga dan menggunakan fasilitas ini secara bertanggung jawab agar tetap bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Dengan cara-cara sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan fasilitas dengan baik, dan mematuhi aturan yang berlaku, kita dapat berkontribusi dalam menjaga fasilitas umum dan ruang publik. Mari kita jaga bersama agar fasilitas ini tetap nyaman, indah, dan aman bagi kita semua.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

12

Visits total

425,317

Visitors total

330,658

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta