Pemerintah Kota Surakarta
Destinasi Wisata Favorit Tahun 2023 di Kota Solo: Menyelusuri Keindahan dan Sejarah yang Mempesona
  January 23, 2024 11:15

Kota Solo, yang sebelumnya terdampak oleh pandemi, kini telah berhasil pulih dan kembali menjadi magnet bagi para pelancong. Data statistik mengungkapkan bahwa jumlah wisatawan yang mengunjungi Kota Solo pada November 2023 mencapai puncaknya, mencapai angka sekitar 4,8 juta jiwa. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari pesona keempat destinasi wisata favorit yang menjadi daya tarik utama di kota ini: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Solo Safari, Pura Mangkunegaran, dan Keraton Solo.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo: Merajut Persahabatan Antarbangsa dalam Arsitektur Spektakuler

Salah satu destinasi yang memikat hati wisatawan adalah Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Dalam rentang waktu empat hari, mulai dari tanggal 22 hingga 25 Desember, jumlah pengunjung mencapai angka mencengangkan, yaitu sebanyak 63.718 orang. Masjid ini bukan sekadar sebuah bangunan, melainkan simbol kebersamaan antara Persatuan Emirat Arab (PEA) dengan Indonesia. Dibangun menyerupai Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, masjid ini melambangkan persahabatan lintas negara dengan marmer impor langsung dari Italia. Menjadi pusat perjumpaan umat Muslim, bangunan dua lantai ini menghadirkan 82 kubah megah berhiaskan batu alam serta fasilitas modern, seperti ruang VIP, perpustakaan, dan area wudhu. Dengan biaya pembangunan ditanggung oleh pemerintah PEA, keelokan arsitektur masjid ini menggambarkan harmoni multikultural yang mempesona. Kapasitasnya untuk menampung 10 hingga 15 ribu jamaah menjadikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sebagai tempat beribadah yang penting dalam momen-momen sakral seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Solo Safari: Petualangan Edukatif dan Kebahagiaan Bersama Satwa

Solo Safari, kawasan wisata yang telah direvitalisasi, menawarkan pengalaman menarik dengan menyatukan elemen-edukasi dan kesenangan. Awalnya dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug, kini tempat ini menjadi tujuan favorit di Jalan Ir. Sutami No.109, Kecamatan Jebres, Solo. Selain menampilkan kebun binatang, Solo Safari juga menawarkan hiburan serta berbagai permainan di area seluas 13,9 hektar. Di Fase 2, Solo Safari menambahkan wahana eksklusif, seperti pengalaman mengitari habitat satwa African Savannah dengan panjang lintasan 100 meter. Di samping itu, kehadiran satwa baru dari berbagai negara menambah daya tarik, seperti Bobcat, Serval, Harimau Bengal, Otter, Unta, dan Langur. Pengunjung juga dapat menikmati sensasi mengambang sambil menikmati hidangan lezat di Floating Resto serta mengeksplorasi keberanian dengan wahana Speed Land Go-Karting.

Pura Mangkunegaran: Kekayaan Sejarah dan Seni yang Menawan di Solo

Pura Mangkunegaran menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah yang menakjubkan di Kota Surakarta. Selain menampilkan koleksi bersejarah dalam Museum Pura Mangkunegaran yang terkumpul sejak 1926, Pura Mangkunegaran juga menjadi pusat kesenian. Pengunjung dapat menyaksikan latihan Tari Gaya Mangkunegaran setiap hari Rabu, serta latihan karawitan setiap hari Sabtu. Keunikan terbaru adalah Pracima Tuin, sebuah tempat makan yang menghadirkan suasana kehidupan kerajaan Jawa dari Puro Mangkunegaran. Pracima Tuin memiliki dua bagian utama: restoran Pracimasana dan taman yang dipenuhi dengan air mancur, kolam, dan tanaman. Seluruh pengalaman kuliner dan suasana di Pracima Tuin telah mendapat persetujuan langsung dari KGPAA Mangkunegoro X, memastikan keaslian budaya dan cita rasa khas Puro Mangkunegaran.

Keraton Solo: Jejak Sejarah yang Memukau dan Berwarna di Kota Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang dikenal sebagai Keraton Solo merupakan ikon utama dalam pariwisata Kota Solo. Wisatawan yang datang ke Solo diharapkan dapat mengunjungi Keraton Solo untuk menemukan keindahan dan kekayaan sejarah. Salah satu bangunan menarik di Keraton Solo adalah Menara Sanggabuwana, berdiri kokoh sejak tahun 1782 atas inisiatif Sri Susuhan Pakubuwono III. Awalnya, menara ini berfungsi sebagai tempat pengawasan terhadap gerak-gerik Belanda pada masa penjajahan. Museum Keraton Solo juga menjadi daya tarik tersendiri dengan koleksi kerajaan yang mencakup kereta kencana, tandu, senjata kuno, dan berbagai benda bersejarah lainnya. Meskipun begitu, beberapa bagian tertentu dalam kompleks keraton masih terlarang untuk dikunjungi oleh masyarakat umum, seperti kediaman Raja Pakubuwono dan pendopo utama Sasana Sewaka.

Kota Solo dengan keindahan destinasi wisata tahun 2023 yang memikat menawarkan petualangan yang tak terlupakan bagi para pelancong. Dengan sejumlah tempat yang sarat akan sejarah, seni, dan keindahan alam, Solo menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapapun yang menghargai pesona budaya dan keajaiban alam.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta