Pemerintah Kota Surakarta
Pura Mangkunegaran: Wisata Berkarakter yang Memikat Wisatawan Asing
  January 24, 2024 11:15

Pura Mangkunegaran di Kota Solo telah meraih predikat sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia. Menurut Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Gembong Hadi Wibowo, target kunjungan wisatawan dalam negeri pada tahun 2023 ini mencapai 1.427.477 orang, sementara wisatawan mancanegara mencapai 4.945 orang.

Melalui publikasi BPS Solo dengan judul “Indikator Ekonomi Kota Surakarta 2022,” terungkap bahwa Pura Mangkunegaran menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati oleh wisatawan asing di Kota Solo.

Puro Mangkunegaran tak hanya sekadar menjadi titik kunjungan wisata sejarah dan budaya di Kota Surakarta. Pengunjung dapat menikmati koleksi benda-benda bersejarah yang telah terkumpul sejak tahun 1926 di Museum Pura Mangkunegaran. Di samping itu, sebagai pusat kegiatan kesenian, Puro Mangkunegaran menggelar latihan Tari Gaya Mangkunegaran setiap hari Rabu, serta latihan karawitan setiap hari Sabtu. Kemudian, yang terbaru dari Pura Mangkunegaran adalah Pracima Tuin.

Pracima Tuin hadir sebagai destinasi wisata di Solo yang menghadirkan pengalaman makan dengan nuansa kerajaan Jawa, terutama budaya yang ada di Puro Mangkunegaran Solo. Namun, pengunjung harus memperhatikan bahwa tidak semua orang bisa masuk ke Pracima Tuin, karena lokasinya masih berada dalam lingkup Puro Mangkunegaran.

Terdiri dari dua bagian utama, yakni restoran Pracimasana dan taman dengan elemen air mancur, tanaman, dan kolam, Pracima Tuin menyuguhkan pengalaman menarik bagi pengunjungnya.

Segala suasana, arsitektur, hingga menu makanan di Pracima Tuin disesuaikan dengan keunikan Puro Mangkunegaran. Bahkan, seluruh hidangan yang disajikan di Pracimasana telah melalui uji coba dan mendapat persetujuan langsung dari KGPAA Mangkunegoro X.

Dengan kekayaan budaya, sejarah, dan pengalaman unik yang ditawarkannya, Pura Mangkunegaran di Kota Solo tetap menjadi primadona yang mengundang minat wisatawan asing untuk merasakan pesona keindahan dan keistimewaannya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta