Pemerintah Kota Surakarta
Filosofi Ketupat: Makanan yang Wajib Ada Seminggu Setelah Hari Raya Idul Fitri
  April 15, 2024 11:15

Lebaran ketupat atau bakda kupat merupakan tradisi unik masyarakat muslim Jawa yang dilaksanakan di bulan Syawal. Setiap tahunnya, masyarakat Jawa selalu merayakan lebaran ketupat. Lebaran ketupat diselenggarakan seminggu setelah Idulfitri. Masyarakat Jawa merayakan tradisi ini dengan berkumpul bersama keluarga, menyambangi sanak saudara, menggelar acara hajatan, dan reuni bersama teman-teman lama.

Lebaran ketupat merupakan perayaan yang menjadi penyempurna momen Idulfitri. Tradisi ini ditandai dengan makan ketupat. Di beberapa daerah, tradisi ini dikenal sebagai Syawalan. Masyarakat Jawa percaya lebaran ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga. Lebaran ketupat muncul pada era Wali Songo, dimana masyarakat sering mengadakan tradisi slametan.

Lebaran ketupat dianggap sebagai hari kemenangan karena telah dilaksanakannya puasa selama satu tahun. Selain itu, tradisi ini dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan ajaran Islam tentang cara bersyukur kepada Allah SWT.

Ketupat dilambangkan sebagai simbol permintaan maaf dan juga keberkahan. Bahan utama pembuatan ketupat adalah nasi dan daun kelapa muda. Nasi dianggap sebagai lambang nafsu, sedangkan daun kelapa muda atau janur melambangkan jati ning nur yang berarti hati nurani. Ketupat juga diartikan sebagai jarwa dhosok yang berarti ngaku lepat. Ada pesan bahwa saat seseorang melakukan sesuatu yang salah harus meminta maaf.

Bungkus ketupat yang terbuat dari janur kuning melambangkan penolak bala bagi masyarakat Jawa. Bentuk segi empat pada ketupat melambangkan kiblat papat lima pancer yang berarti kemanapun manusia menuju selalu kembali kepada Allah. Anyaman ketupat dimaknai sebagai cerminan berbagai macam kesalahan manusia. Warna putih ketika ketupat dibelah dua menggambarkan kebersihan dan kesucian setelah memohon ampun dari kesalahan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

17

Visits total

425,500

Visitors total

330,762

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta