Pemerintah Kota Surakarta
Kemudahan Akses Informasi di Kota Solo dengan Website PPID
  April 24, 2024 11:30

Keterbukaan informasi merupakan prinsip dasar dalam pemerintahan yang menjamin akses masyarakat terhadap informasi yang dimiliki pemerintah atau lembaga publik. Prinsip ini memiliki tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan publik.

Selama dua tahun terakhir, Kota Solo mendapat penghargaan sebagai kota informatif. Website PPID merupakan sarana resmi dari Komisi Informasi terkait keterbukaan informasi. Dengan adanya Undang Undang Keterbukaan Informasi, masyarakat bisa mengakses beragam informasi publik melalui website PPID.

Informasi yang tepat dan terkini mengenai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Solo dapat dilihat melalui website ppid.surakarta.go.id. Situs website ini dapat memberikan informasi yang paling akurat dan terbaru mengenai PPID dan beragam pelayanan di Kota Solo.

Di dalam website PPID Kota Solo terdapat beragam jenis informasi, seperti:

  1. Informasi Berkala

Informasi berkala memuat tata cara memperoleh informasi publik dan pengajuan keberatan, informasi tentang regulasi badan publik, informasi tentang profil badan publik, ringkasan informasi tentang kinerja, ringkasan program dan kegiatan yang sedang dijalankan, ringkasan laporan keuangan, ringkasan laporan akses informasi publik, dan lainnya. Informasi berkala diperbarui setiap enam bulan sekali.

  1. Informasi Serta Merta

Informasi serta merta memuat informasi yang mengancam hajat hidup dan ketertiban umum, pengumuman informasi serta merta, informasi tentang covid-19, hingga informasi pelatihan dan jadwal seleksi.

  1. Informasi Setiap Saat

Informasi setiap saat memuat agenda kerja, daftar informasi publik, informasi tentang peraturan, keputusan, dan atau kebijakan, informasi tentang organisasi, administrasi kepegawaian dan keuangan, surat-surat perjanjian dengan pihak ketiga, syarat-syarat perizinan, informasi tentang data perbendaharaan atau inventaris, dan lainnya.

  1. Daftar Informasi Dikecualikan

Informasi yang dikecualikan itu berarti masyarakat tidak bisa membuka atau mengaksesnya.

Dengan adanya website PPID kota Surakarta, masyarakat semakin mudah untuk mengakses beragam informasi yang ada di lingkungan pemerintah kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,532

Visitors total

330,782

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta