Pemerintah Kota Surakarta
Peringatan Hari Buruh: Hak-Hak Pekerja yang Wajib Dilindungi Hukum
  May 1, 2024 11:30

Hari Buruh atau Hari Peringatan Buruh adalah hari yang dijadikan peringatan internasional untuk menghormati perjuangan gerakan buruh dalam mencapai hak-hak pekerja. Hari Buruh biasanya dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Perayaan Hari Buruh memiliki makna sejarah yang penting dan berkaitan dengan perjuangan gerakan buruh untuk mendapatkan hak-hak dasar, seperti jam kerja yang wajar, upah yang layak, perlindungan terhadap kecelakaan kerja, dan hak untuk berserikat dan berunjuk rasa.

Hak-hak buruh adalah seperangkat hak yang diakui dan dilindungi oleh hukum untuk melindungi kepentingan para pekerja atau buruh. Hak-hak ini bertujuan untuk memastikan bahwa pekerja memiliki kondisi kerja yang layak, perlindungan terhadap eksploitasi, dan akses ke berbagai fasilitas dan manfaat yang adil. Perlindungan dan penegakan hak-hak buruh sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang adil dan berkelanjutan. Berikut hak-hak buruh atau pekerja yang wajib kita ketahui:

  1. Hak memperoleh upah
  2. Hak mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama
  3. Hak mendapatkan pelatihan kerja
  4. Hak penempatan tenaga kerja
  5. Hak memiliki waktu kerja yang manusiawi
  6. Hak mendapatkan kesehatan dan keselamatan kerja
  7. Hak atas jaminan sosial
  8. Hak kebebasan berserikat
  9. Hak untuk melaksanakan ibadah
  10. Hak untuk istirahat dan cuti

Bagi Warga Solo yang memiliki permasalahan berkaitan dengan hak yang tidak terpenuhi sebagai pekerja dapat melakukan aduan ke Dinas Tenaga Kerja Kota Surakarta. Informasi mengenai aduan dapat diakses melalui website https://disnaker.surakarta.go.id/ atau datang langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Surakarta yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi No.306, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1,143

Visitors today

1,066

Visits total

523,349

Visitors total

416,909

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta