Pemerintah Kota Surakarta
Sekolah Unik di Kota Solo: Sekolah Khusus Olahraga (SKO)
  May 6, 2024 11:30

Solo juga terkenal dengan budaya pendidikan yang kuat, di mana masyarakatnya sangat peduli dan mendukung dalam hal pendidikan. Hal ini tercermin dalam berbagai kegiatan dan acara yang berkaitan dengan dunia pendidikan yang rutin diselenggarakan di kota ini. 

Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Kota Surakarta merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan Kota Surakarta dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta dalam pengembangan prestasi olahraga. Sekolah ini berlokasi di gedung eks SMP N 3 dan SMP N 5 Surakarta. 

SKO Surakarta diresmikan pada 24 November 2023. Peresmian sekolah ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa. Dengan adanya sekolah unik ini, diharapkan siswa-siswi bisa mengekspresikan minat dan bakat dalam dunia olahraga.

SMP Khusus Olahraga menerapkan Kurikulum Merdeka yang dimodifikasi. Perbandingan pembelajaran akademik dan olahraga adalah 40:60. Siswa SKO mengikuti sepuluh kali sesi latihan dalam satu pekan. SKO memiliki 12 cabang olahraga, seperti atletik, renang, tenis meja, tenis, panahan, sepak bola, bola voli, taekwondo, pencak silat, karate, anggar, dan judo.

Sekolah Khusus Olahraga Kota Surakarta ini sudah memenuhi standar minimal tenaga pendidik, sehingga keberlangsungannya diharapkan dapat dijalani dengan baik. Selain itu, Keberadaan SMP Khusus Olahraga di Kota Surakarta diharapkan dapat menghasilkan atlet muda berbakat di bidang olahraga yang dapat mengharumkan nama baik Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

353

Visitors today

336

Visits total

522,559

Visitors total

416,179

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta