Pemerintah Kota Surakarta
Pemilik Kendaraan di Kota Solo Wajib Memiliki Garasi
  July 5, 2024 11:15

si kendaraan adalah hal yang sangat penting, terutama di kawasan perkotaan. Memiliki garasi memberikan beberapa manfaat, seperti melindungi kendaraan dari pencurian, mengurangi kemacetan dan masalah parkir, taat terhadap peraturan, serta kenyamanan bagi lingkungan sekitar.

Beberapa daerah telah mengeluarkan peraturan yang mengharuskan pemilik kendaraan memiliki garasi, salah satunya adalah kota Solo. Pemerintah Kota Surakarta memiliki aturan tentang garasi yang tercantum dalam pasal 88 Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2022 Penyelenggaraan Perhubungan tentang Garasi. Peraturan daerah tersebut berisi tentang:

  1. Setiap badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi yang mencukupi untuk menyimpan kendaraan.
  2. Setiap orang pemilik dan/ atau pengguna kendaraan bermotor harus menyimpan kendaraannya di garasi atau di tempat yang tidak mengakibatkan terganggunya fungsi jalan.

Peraturan daerah tersebut dibuat setelah banyak masukan datang dari masyarakat yang mengeluhkan tentang kendaraan roda empat yang banyak diparkir di jalanan yang sempit.

Bagi masyarakat yang melanggar regulasi terkait garasi, akan dikenakan sanksi. Terdapat tiga jenis sanksi yang berlaku, seperti sanksi administrasi berupa teguran, sanksi administrasi berupa peringatan tertulis, dan sanksi denda uang minimal Rp100.000 dan maksimal Rp1.000.000.

Mulai sekarang tempatkan kendaraan di garasi atau tempat parkir yang layak, agar lingkungan lebih tertata dan tidak menimbulkan masalah antar masyarakat.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

12

Visitors today

9

Visits total

427,334

Visitors total

331,903

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta