Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Makanan Pokok Selain Nasi
  July 6, 2024 11:15

Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi. Makanan yang mengandung karbohidrat berguna sebagai sumber tenaga bagi tubuh agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Setiap negara memiliki makanan pokoknya masing-masing. Di Indonesia, nasi adalah salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ada beberapa makanan pokok yang bisa dicoba sebagai pengganti nasi.

  1. Singkong

Singkong adalah jenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Singkong mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak, hingga vitamin C.

  1. Talas

Talas bisa menjadi sumber karbohidrat murah pengganti nasi yang kaya nutrisi. Sumber karbohidrat pada talas mencapai 77,9%. Talas memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan singkong dan ubi jalar.

  1. Sagu

Sagu menjadi salah satu tanaman yang masuk dalam varietas pangan lokal. Sagu telah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Timur seperti Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

  1. Jagung

Jagung juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok. Nasi jagung merupakan makanan pokok masyarakat Madura dan Jawa Timur yang telah ada sejak jaman dahulu. Jagung kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang cocok dijadikan sebagai makanan pokok.

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sehat dan kaya akan nutrisi. Buah pisang sering dijadikan makanan pengganti nasi oleh orang-orang yang sedang melaksanakan program diet.

  1. Kentang

Kentang juga bisa digunakan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Meskipun memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah dari nasi, mengonsumsi kentang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

10

Visits total

427,335

Visitors total

331,904

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta