Pemerintah Kota Surakarta
Dampak Kekerasan Fisik dan Verbal Bagi Tumbuh Kembang Anak
  August 15, 2024 11:15

Kekerasan merupakan perbuatan yang dilakukan dengan maksud melukai atau menghilangkan nyawa orang lain. Hingga kini, kekerasan pada anak menjadi salah satu kasus yang memerlukan perhatian khusus. 

 

Kekerasan pada anak rentan terjadi di mana saja, seperti di rumah, sekolah, hingga lingkungan masyarakat. Kekerasan fisik maupun verbal terhadap anak, memiliki dampak seumur hidup bagi tumbuh kembang anak. Dampak kekerasan pada anak sering kali diabaikan. Bahkan, tak banyak yang menyadarinya. 

 

Kekerasan tak hanya meninggalkan bekas luka pada tubuh anak, tetapi juga emosional, perilaku menyimpang, penurunan fungsi otak, bahkan kualitas hidup anak yang menjadi korban menurun. Anak-anak yang mendapat kekerasan lebih menderita secara mental. Dampak kekerasan pada anak dapat menimbulkan trauma yang berkepanjangan hingga berujung menjadi serangan panik hingga depresi.

 

Kekerasan terhadap anak seharusnya bisa dicegah, apabila semua pihak memberikan perhatian pada kesehatan mental anak. Tidak ada anak yang pantas menjadi korban kekerasan. Mulai sekarang, jadikan dunia tempat yang lebih baik bagi anak-anak.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

376

Visitors today

359

Visits total

522,582

Visitors total

416,202

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta