Pemerintah Kota Surakarta
Lebih Dekat Dengan PMI Solo, Berikut Pofilnya!
  September 7, 2024 11:15

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta merupakan salah satu pelopor PMI di Indonesia, bersama dengan PMI di Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. PMI Surakarta didirikan tujuh bulan setelah PMI Pusat diresmikan pada 17 September 1945. Saat ini, PMI Kota Surakarta berlokasi di Jalan Kolonel Sutarto No. 58 Jebres, Surakarta, tepat di seberang RSUD Moewardi Surakarta.

 

PMI Surakarta menyediakan layanan, donor darah di gedung PMI maupun melalui donor mobile unit. Selain itu, PMI Surakarta memiliki Klinik Pratama dan Griya PMI. Klinik Pratama adalah fasilitas kesehatan tingkat 1 yang melayani pasien umum dan BPJS Kesehatan. Beberapa layanan yang dimiliki Klinik Pratama antara lain yaitu laboratorium klinik, ambulance 24 jam, home visit, dan instalasi farmasi.

 

Griya PMI jadi wujud kepedulian PMI Surakarta pada permasalahan sosial, khususnya terkait keberadaan orang-orang terlantar di wilayah Surakarta. Beroperasi sejak 2012, Griya PMI beralamat di Jalan Sumbing Raya No. 6 Mojosongo, Jebres, Surakarta. Saat ini, Griya PMI terbagi menjadi Griya PMI Peduli dan Griya PMI Bahagia.

 

Griya PMI Peduli menjadi tempat untuk menampung orang-orang terlantar dengan kondisi gangguan jiwa atau psikotik dan menjadi satu-satunya di Indonesia. Sedangkan Griya PMI Bahagia adalah pelayanan untuk menampung para lansia terlantar yang dikembangkan pada 2015.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

736

Visitors today

692

Visits total

516,980

Visitors total

411,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta