Pemerintah Kota Surakarta
Dicari, Guru dan Pengawas Sekolah Berprestasi..!!!
  April 4, 2017 19:38

Dinas Pendidikan Kota Surakarta tengah mencari guru berprestasi di semua tingkatan, mulai dari pendidikan usia dini hingga SMP/Mts. Pencarian guru berprestasi tersebut dilakukan melalui Lomba Guru Berprestasi 2017. Mereka yang terpilih bakal diikutkan dalam ajang sejenis tingkat provinsi.
Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Sulardi mengatakan lomba ini diselenggarakan secara berjenjang mulai dengan penilaian atas portofolio, kinerja dan karya ilmiah guru dan pengawas. “Masing-masing ada bobot penilaiannya tersendiri,” terangnya.
Dikatakannya, ada dua tahap yang harus diikuti peserta lomba. Tahap pertama setelah mengumpulkan dokumen portofio, adalah mengikuti tes tertulis. Hasil penilaian dokumen portofolio akan dikumulasikan dengan hasil ujian tertulis. “40 persen terbaik dari masing-masing kategori yang lolos untuk seleksi tahap kedua,” jelasnya.
Tahap kedua adalah presentasi atau pemaparan karya ilmiah yang dibuat para peserta. Menurut Sulardi, setiap peserta lomba wajib membuat karya ilmiah. Karya ilmiah tersebut akan dinilai tersendiri dengan bobot penilaian 20 persen. “Peserta kemudian memaparkan dan dilanjutkan tanya jawab dengan tim penilai. Bobot nilai tahap ini 25 persen,” terang Sulardi.


Sulardi mengatakan ada sebanyak 190 guru dan pengawas sekolah yang telah memasukkan dokumen portofolio untuk dinilai. Kategori Guru SMP paling banyak pesertanya, yakni 56 orang disusul guru SD sebanyak 50 orang dan guru TK serta Kepala TK masing-masing 25 orang. “Hasil lomba ini akan disertakan untuk lomba sejenis tingkat provinsi. Tentu sebelumnya akan dipersiapkan agar Surakarta menjadi juara umum lagi seperti tahun sebelumnya,” tambah Sulardi.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati mengatakan tujuan penyelenggaraan lomba ini adalah untuk memberikan motivasi agar guru meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi, dan loyalitasnya demi tercapainya tujuan pendidikan yang semakin berkualitas. “Selain itu juga untuk menumbuhkan kreatifitas dan inovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujarnya.(*)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta