Pemerintah Kota Surakarta
Pilah Sampah Menjadi Berkah
  May 6, 2017 17:14

Wanita ini akrab dipanggil dengan sapaan Mbak Denok. Lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Denok mulai dengan kehidupan yang mapan sebagai akuntan di PT Astra Honda Motor (AHM) sejak 2003. Namun ia justru memiliki dorongan lebih terhadap lingkungan. Merubah sambah menjadi barang bermanfaat dan bernilai tinggi.
Kemudian muncul ide untuk mengolah sampah menjadi barang yang berguna, agar tidak mengotori lingkungan disekitar tempat tinggal warga. Ia dibantu oleh tokoh masyarakat yang juga ikut mengenalkan cara membuat kompos dari sampah.
Pada Januari 2015, Denok mendirikan Gerakan Orang Muda Peduli Sampah (Gropesh) Solo Raya. Sebelumnya ia telah bergabung dengan Gropesh Jakarta yang berdiri sejak 2007. Saat di Jakarta ia memiliki banyak teman yang membantu.
Saat ini menurut ia ada 300 ragam kerajinan yang dihasilkan dari sampah. Hasil dari kerajinan yang biasa ini dapat diubah menjadi lebih unik dan elegan, sehingga dapat dijual dengan harga yang tinggi.
Semisal berupa celengan yang berbentuk seperti durian yang merupakan hasil olahan sampah kardus. Sampah koran bekas menjadi berbagai bentuk. Sampah bungkus kopi menjadi tas. Dan ditampilkan pula baju dari sampah plastik kresek yang dijual seharga Rp 400.000,-. Selama ini mereka menjual hasil produknya ketika ada pameran, car free day, online shop, dan jalan apa pun yang bisa mereka lakukan.
”Ibu-ibu rumah tangga yang sebelumnya tidak punya uang belanja lebih sekarang mulai bisa menambah pendapatan suaminya,” ucap Denok yang kini mendampingi 13 kelurahan di Kota Solo dan terus meluas hingga Boyolali, Sukoharjo, dan Wonogiri.

[video_embed video=”Ggeml-sWgs8″ parameters=”” mp4=”” ogv=”” placeholder=”” html5_parameters=”” width=”700″ height=”400″]

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta