Pemerintah Kota Surakarta
Enaknya Tengkleng Bu Pon
  October 6, 2017 16:44

Tengkleng, makanan khas Solo berbahan dasar tulang dan kepala kambing dengan kuah kuning encer nan gurih ini sering menjadi buruan utama pecinta kuliner ketika berkunjung ke Solo. Tengkleng hampir sama dengan gule, hanya saja tengkleng tidak dimasak dengan santan. Karenanya sebagian orang menganggap tengkleng kandungan kolesterolnya lebih rendah daripada gule atau tongseng. Racikan rempah-rempahnya yang khas membuat kuah tengkleng yang encer tetap bercitarasa kuat.
Tak bisa disangkal tengkleng telah menjadi ikon kuliner Solo sebagaimana juga nasi liwet dan selat Solo-nya. Meski tengkleng juga bisa didapati di Jogja ataupun di daerah lain di Jawa Tengah, rasanya sulit untuk menyaingi kenikmatan tengkleng khas Solo.
Tak jauh beda dengan warung tengkleng lain, di Warung Tengkleng Bu Pon anda bisa menikmati sepiring tengkleng dengan beragam isian seperti iga, kaki, sumsum, dan bagian kepala kambing yang biasanya sudah ditusuk seperti sate. Untuk ini anda bisa memilih isian sesuai dengan yang anda suka.
Melucuti daging yang masih tersisa di sela-sela tulang dan menyeruput sumsum dari tulang-tulang pipa (karena bentuk potongannya seperti pipa) selalu menjadi ritual makan tengkleng yang menciptakan sensasi tersendiri. Dalam kuah tengkleng yang ringan dan segar biasanya ditambahkan pula cabe rawit utuh, dan anda bisa melumatnya dalam piring jika ingin menambahkan rasa pedas. Selain rasa yang enak, porsi tengkleng Bu Pon juga cukup memuaskan.
Lokasi Warung Tengkleng Bu Pon tidak jauh dari Pusat Grosir Solo (PGS). Warungnya sangat sederhana, ukurannya kecil dan saling berhimpitan dengan warung-warung makan lainnya. Untungnya ada spanduk ukuran besar yang menandakan keberadaan warung ini, sehingga memudahkan orang yang mencarinya.
Lokasi: Jln.Kapten Mulyadi, Selter Beteng Ketandan, Solo, Indonesia, Indonesia

dok.foto: sportourism.id

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta