Pemerintah Kota Surakarta
Sosialisasi Program Parkir Elektronik
  October 20, 2017 22:08

Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Bank Indonesia Solo mengadakan Sosialisasi Program Elektronifikasi di Ruang Sabha Widya Sila, Lantai 5, Gedung Kantor Bank Indonesia Solo, Jum’at malam, (20/10/2017). Acara Sosialisasi dihadiri oleh Walikota Surakarta, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Ka. Satlantas Polresta Surakarta, Pimpinan OPD terkait, Ketua Organda dan Ketua ASPARTA.

Acara diawali dengan sambutan Walikota FX Hadi Rudyatmo. Dalam sambutannya Walikota mengatakan penerapan sistem parkir e-money ini digunakan untuk memberikan sosialisasi dan pembelajaran kepada masyarakat agar mulai membiasakan diri membayar parkir dengan cara non tunai. Pembayaran secara e-money juga menguntungkan bagi pemerintah daerah karena bisa mengurangi potensi terjadinya kebocoran pendapatan asli daerah dari penerimaan retribusi parkir.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 400 peserta yang terdiri Muspika Laweyan, Muspika Jebres, Lurah se- wilayah Laweyan, Lurah se- wilayah  Jebres, petugas dan pengelola parkir di wilayah Laweyan dan Jebres. Tujuan diadakan Sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara penggunaan parkir elektronik, memberikan penjelasan tentang manfaat dan tujuan parkir elektronik diterapkan di Kota Solo serta menghimbau kepada penyelenggara  jasa parkir untuk dapat meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan diharapkan untuk mematuhi tata tertib berlalu lintas yang berlaku.

Penyelenggaraan parkir merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan penyelenggaraan lalu lintas di jalan. Mendasari Surat Edaran Mendagri No 910/ 1867/ SJ tahun 2017. Bahwasanya Walikota/bupati menetapkan kebijakan implementasi transaksi non tunai serta menyusun rencana aksi atas pelaksanaan kebijakan dimaksud. Dalam hal ini mempertimbangkan keterbatasan infrastruktur yang terkait dengan penyelenggaraan transaksi non tunai di daerah, pemerintah daerah dapat melaksanakan transaksi non tunai dimaksud secara bertahap. Untuk itu perlu adanya sinergitas dari seluruh elemen masyarakat kota Surakarta agar penerapan parkir elektronik ini dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,533

Visitors total

330,783

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta