Pemerintah Kota Surakarta
Kabar Gembira dari Museum Keris
  November 24, 2017 17:44

Wali Kota Surakarta, FX Rudy seakan tak henti-hentinya memberi kabar gembira bagi para warganya. Kali ini, bertempat di Hotel Dana Surakarta, beliau menyampaikan kabar bahwa Museum Keris akan menerima hibah keris yang jumlahnya fantastis. Sekitar 1.500 keris dari berbagai daerah akan masuk dan menempati ruang eksebisi dan etalase nan eksotis itu.

Penambahan koleksi yang merupakan hibah dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pastinya akan menambah daya tarik dan khasanah edukasi buadaya maupun sejarah di museum kebanggaan warga ini bakal menerima

“Pemkot menerima hibah 1.500 keris dari Kemendikbud untuk menambah koleksi museum,” kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo usai memberikan sambutan dalam dialog budaya “Keris sebagai Warisan Dunia dalam Aktualisasi Kekinian” di Hotel Dana, Kamis (23/11/2017).

Wali Kota menambahkan, bahwa Pemerintah Kota surakarta sedang mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan dalam rangka hibah koleksi keris ini. “Surat segera dikirim untuk pengambilan keris-keris tersebut,” tambah Wali Kota.

Keris-keris calon penghuni baru museum keris ini berasal berbagai pihak, namun sebagian besar merupakan sitaan aparat yang berwajib, lantaran dianggap menyalahi prosedur kepemilikan.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini Museum Keris nan megah memiliki lebih dari 600 keris, yang berjajar rapi dalam etalase-etalase kaca di lantai dua. Dengan adanya hibah dari Kemendikbud nanti maka museum keris akan memiliki lebih dari 2000 koleksi keris yang prestisius.

Untuk mengambil keris hibah nantinya, Pemkot akan melibatkan sejumlah kurator untuk memastikan sejarah keris yang akan dibawa pulang oleh Pemkot tersebut. Mengingat fungsi museum keris sendiri selain untuk eksebisi keris, juga sebagai sarana edukasi dan sebagai mesin waktu, dimana hasil kebudayaan nenek moyang kita dapat dinikmati dan dipelajari dengan seksama untuk generasi mendatang. Di sinilah fungsi kurator penting dilibatkan dalam prosesi ini nantinya.

“Nanti kita juga akan ajak kurator, dan untuk pengangkutan menggunakan jalur darat, kalau pesawat jelas tidak muat, karena jumlahnya sangat banyak,” kata Wali Kota. Setelah sampai di Solo, keris akan diperiksa lagi oleh kurator dan rangka keris digrafir sebagai tanda.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Pemkot Solo, Kinkin Sultanul Hakim menambahkan, karena terbatasnya tempat, untuk sementara koleksi keris akan dipamerkan secara bergantian.

“Koleksi ini ditampilkan bergantian, pengunjung yang datang untuk kedua kalinya bisa melihat koleksi museum yang berbeda dengan sebelumnya,” ungkap Kinkin.​(*)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta