Pemerintah Kota Surakarta
SIPA 2017 Siap Digelar
  September 2, 2017 13:12

Delapan negara akan ambil bagian dalam Solo Internasional Performing Arts (SIPA) ke-9 yang akan digelar mulai Kamis 7 September hingga Sabtu  9 September mendatang di Benteng Vastenburg, Solo. Selain tuan rumah, ada tujuh negara yang ambil bagian dalam event yang menyuguhkan beragam pertunjukkan seni panggung ini. Direktur SIPA Irawati Kusumorasri mengatakan kedelapan negara tersebut di antaranya adalah Australia, Philipina, Singapura, Thailand, New Zeland, Malaysia, Chile dan Vietnam.

Sementara dari dalam negeri, 10 penyaji akan menyemarakkan event yang kali ini bertemakan Bahari Kencana Maestro Karya. Kesepuluh delegasi dalam negeri tersebut adalah Eko Supriyanto yang merupakan maskot SIPA ke-9, Semarak Chandra Kirana Art Center dan Danang Pamungkas. Ketiganya merupakan seniman asal Solo. Selain itu juga ada, Gayo Lues (Aceh), Otniel Tasman (Banyumas), Teater Tetas (Jakarta), Riau Rhytim Chambers Indonesia (Pekanbaru), Sanggar Tiara Selatan (Bangka Selatan), dan Vivian Evelyn dan Revaldi Gustaf (NTT).

Ira mengatakan tidak kurang dari 300 seniman yang bakal ambil bagian dari pagelaran SIPA tahun ini. Menurut Irawati, SIPA tahun ini yang mengusung tema “Bahari Kencana Maestro Karya” merupakan sebuah karya persembahan pergelaran mahakarya seni pertunjukan berskala internasional untuk gerakan menjaga, merawat, dan mencintai laut untuk masyarakat Indonesia. “Indonesia negara bahari, maka penting kiranya memaknai dengan gerakan menjaga, merawat, dan mencintai laut, juga samudera, ekaligus kehidupannya,” kata Irawati.

Dengan gerakan tersebut, kata dia, keberadaan lautan di tanah Air akan selalu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat di seluruh Indonesia. SIPA tahun ini, kata dia, akan menghadirkan pembukaan yang megah, mewah, dan meriah. Pembukaan juga diwarnai dengan koreografi yang indah, kembang api dan melibatkan ribuan penonton yang memadati di Benteng Vastenburg.

Panggung SIPA akan menampilkan bentuk kapal layar KRI Dewa Ruci. Kapal layar KRI Dewa Ruci merupakan satu-satunya kapal layar terbesar yang diproduksi di Indonesia.Maskot SIPA 2017 yaitu seorang penari sekaligus koreografer, Eko Supriyanto atau lebih dikenal Eko Pece. Eko Supriyanto menggemari seni tari Jawa dan seni bela diri sejak berusia tujuh tahun.

Panitia sudah menyiapkan sebanyak 5.000 kursi untuk tamu umum dan 150 kursi untuk tamu VIP, tetapi jumlah pengunjung yang hadir diperkirakan mencapai 8.000 hingga 10.000 orang. Selain itu, panitia selain menggelar acara utama SIPA, juga basar sekitar panggung yang terdapat sebanyak 30 stand ikut berpartisipasi mulai dari non kuliner dari pameran produk, distro, kerajinan tangan hingga khusus menjual makanan dan minuman khas Solo dan luar kota. (***)

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta