Pemerintah Kota Surakarta
Gule Goreng, Masakan Daging Kambing Dengan Nuansa Baru
  March 24, 2018 12:41

Kota Solo sebagai Kota Wisata Kuliner, tidak ada salahnya menjajal aneka wisata kuliner di kota itu. Satu di antaranya yang perlu dicoba oleh wisatawan adalah warung aneka masakan daging kambing Pak Samin, yang menawarkan cara berbeda untuk menikmati daging kambing. Menu spesial di Warung Pak Samin ini bisa dikatakan sebagai menu yang tidak ada duanya di seantero Kota Solo. Warung di Jl Diponegoro No. 36Solo (kawasan Ngarsopuro) ini menyajikan gulai yang agak berbeda, yakni Gulai Goreng (gulgor).

Mungkin Anda akan sulit membayangkan seperti apa Gulai Goreng itu. Sebenarnya, Gulai Goreng diolah dari gule kuah biasa. Sebelum diolah menjadi gule kuah, jeroan diiris-iris lebih kecil lalu dimasak dengan air santan cuwer (encer) hingga empuk. Baru setelah itu, santan kental beserta bumbu dicampurkan. Saat ada pesanan, isi gule kuah yang terdiri dari jeroan kambing seperti usus, paru-paru, hati, dan sebagainya diambil dan ditiriskan, baru kemudian digoreng.

Penggorengan dilakukan cukup lama di atas tungku bara arang yang lidah apinya terkadang menjulur hingga ke dalam wajan. Jeroan itu terus dibolak-balik saat digoreng agar benar-benar kering dan renyah. Gule goreng ini tidak lagi ditambahi bumbu, kecuali sedikit garam. Gorengan yang dihasilkan begitu kering, kadar lemaknya pun nyaris habis. Hasil akhirnya adalah daging goreng kering yang rasanya gurih.. Satu porsi Gulai Goreng  dihargai Rp22.000 sudah termasuk nasi putih. Pak Samin memulai usahanya sejak tahun 1967. Setiap harinya Pak Samin membutuhkan 2-3 ekor kambing untuk warungnya, kambing yang digunakan pun hanya kambing yang masih berusia muda.

Warung Pak Samin juga menawarkan menu lain, seperti sate kambing, sate buntel, tongseng mau pun gule biasa. Minuman yang ditawarkan di warung ini juga ada satu yang spesial, yakni limun sarsaparilla. Yang dijual di sini mereknya Indo Saparella. Minuman jadul ini hadir dengan kemasan botol baru yang unik.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

6

Visitors today

4

Visits total

425,331

Visitors total

330,667

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta