Pemerintah Kota Surakarta
Surakarta Jadi Tuan Rumah, Festival Buah Jateng Sukses
  March 4, 2018 08:55

Tahun ini Kota Solo terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Festival Buah Jateng III yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal ini merupakan sebuah kehormatan  bagi Kota Solo, karena Solo merupakan kota pertama yang menjadi tuan rumah acara ini di luar Kota Semarang. Sebelumnya, dalam penyelenggaraan festival buah ini selalu mengambil lokasi di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah. Bertempat di Taman Balekambang Sabtu (03/03) pagi, dari pintu masuk taman sudah terlihat stand putih berdiri. Saat mendekat, suasana terasa semakin ramai, didominasi oleh kaum wanita dan ibu-ibu yang mulai menyiapkan handphone-nya untuk berswafoto. Penggunaan Taman Balekambang  terasa sangat serasi, mengangkat acara buah lokal dipadukan dengan kondisi taman yang asri.

Dengan mengangkat tema; “Bangga Mengkonsumsi Buah Lokal”, acara ini diselenggarakan untuk mengoptimalkan perluasan pasar komoditas buah unggulan dan mengenalkan secara luas kepada masyarakat, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebuih mengapresiasi buah unggul dalam negeri. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk menanam buah di lingkungannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan buah secara mandiri bahkan bisa dipasarkan untuk bisa menambah pendapatan keluarga.

Dalam sambutan PLT Gubernur Jateng yang dibacakan oleh PLH Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Peni Rahayu mengatakan, buah-buahan merupakan salah satu produk hortikultura bernilai ekonomis tinggi yang banyak dibudidayakan secara profesional, dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan petani baik yang bersifat kecil, menengah maupun besar. “Keunggulan produk buah adalah nilai jual yang tinggi, jenis yang beragam, ketersediaan sumber daya, lahan dan teknologi serta potensi serapan pasar di dalam negeri dan internasional,” lanjut Peni. Turut pula dalam acara ini Perwakilan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Perwakilan Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng, Staf Ahli Gubernur Jateng Bidang Kedaulatan Pangan dan Kadis Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah sekaligus Ketua Panitia Festival, Yuni Astuti menyampaikan, tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk meningkatkan kecintaan mengkonsumsi buah-buahan dalam negeri yang harus dimulai sejak dini. Kemudian mendorong pengembangan budidaya buah-buahan yang berkualitas. Serta memotivasi masyarakat untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang buah-buahan yang berkualitas. “Festival Buah Jawa Tengah III akan berlangsung selama dua hari Sabtu-Minggu (03-04/03/2018),” lanjut Yuni.

Beberapa agenda yang ada di festival ini diantaranya, lomba buah unggulan, lomba mengukir buah, lomba mewarnai (untuk anak-anak), lomba gerakan gemar konsumsi buah-buahan serta bursa buah dan komoditas hortikultura lainnya. Pada acara ini sebanyak 40 stand telah didirikan untuk mengakomodir seluruh Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, masyarakat, petani, mitra kerja perusahaan, perusahaan hortikultura serta pecinta tanaman. Kemudian untuk lomba buah di ikuti 60 peserta dengan 5 komoditas buah, lomba mengukir buah diikuti 60 peserta, lomba mewarnai diikuti 110 peserta, gerakan gemar buah lokal diikuti 117 peserta.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta