Pemerintah Kota Surakarta
Pemkot Surakarta Terima Hibah 43 Kios Dari Keraton
  April 5, 2018 22:19

Perwakilan dari Keraton Surakarta, Senin (02/04) berkunjung ke Balai Kota Surakarta dalam rangka penyerahan 43 kios di Pasar Cenderamata, Komplek Alun-alun utara yang pengelolaannya akan dihibahkan kepada Pemerintah Kota Surakarta. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Subagiyo.

Memutar waktu ke belakang, Subagiyo menjelaskan pasar yang berdiri diatas lahan milik Keraton tersebut didirikan tahun 2002 dengan bantuan dari Departmen Permukiman dan Prasarana Wilayah. Pembangunan Pasar Cinderamata merupakan salah satu proyek penataan kawasan sekitar Alun-alun Utara yang akan digunakan sebagai kawasan penunjang kegiatan pariwisata. Sebelumnya, lokasi Pasar ini digunakan oleh DPU sebagai bengkel.

Pada tahun 2006, geliat pasar yang semakin berkembang membuat Keraton memutuskan untuk membangun kios tambahan untuk pedagang. Namun baru berdiri sekitar 8 unit, pembuatan kios tersebut dihentikan karena terkendala ijin, mengingat lokasi yang dibangun adalah lokasi cagar budaya. Selang 7 tahun kemudian Keraton secara resmi kembali mengajukan ijin kepada Wali Kota Surakarta untuk membangun 43 kios tambahan di Pasar Cinderamata.

Kabar gembira pun datang, tahun 2014 ijin pembangunan 43 kios akhirnya dikantongi pihak Keraton. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Surakarta, Toto Amanto pernah menuturkan bahwa IMB 43 kios tambahan sudah melalui kajian dan mengantongi izin dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah atau kini Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Kajian dan izin BPCB dinilai penting lantaran kios dibangun di kawasan cagar budaya.

Diawal tahun 2018, pembangunan 43 kios rampung dikerjakan. “Tanggal 27 Februari pihak Keraton menghubungi Pemkot, mereka mengatakan bahwa pembangunan kios telah rampung dan siap untuk dihibahkan kepada Pemkot Surakarta,” terang Subagiyo. Akhirnya, Senin (02/04) pihak Keraton diwakili staf hukum Paku Buwono XIII, Bambang Pradoto Nagoro, melakukan kunjungan ke Balai Kota untuk menyerahkan aset tersebut. Penyerahan aset ini diterima oleh Sekda Surakarta, Budi Yulistianto.

Acara penyerahan aset tersebut juga disaksikan Bagian Hukum Setda Surakarta, Dinas Perdagangan, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) serta Inspektorat. Subagyo mengatakan semua syarat dan proses hukum telah lengkap tinggal dilakukan penandatanganan penyerahan oleh Wali Kota F.X.Hadi Rudyatmo dengan Sinuhun PB XIII. “Semuanya lengkap tinggal menunggu jadwal penandatanganan Sinuhun dengan Pak Wali,” ujar Subagiyo ketika ditemui di ruang kerjanya.

Sementara itu soal pemanfaatan puluhan kios tersebut Subagiyo mengatakan akan digunakan untuk kios Cinderamata. Meliputi pakaian batik, kerajinan tangan dan juga kain batik. “Kios itu nanti diperuntukan bagi pedagang kain, handycraft, dan pedagang pakaian, itu wajib, diluar itu tidak kami terima dan saat ini sudah ada pedagang yang telah mengajukan permohonan kios, nanti tinggal mengurus administrasinya saja,” ujar Subagiyo. Nantinya para pedagang yang permohonannya dikabulkan akan diberi Hak Menempati. “Pedagang akan diberikan Hak Menempati selama 3 tahun, nanti setelah 3 tahun ijin harus diperpanjang lagi,” lanjutnya.

Ia berharap, dengan adanya tambahan 43 kios di Pasar Cinderamata akan membuat kondisi pasar yang saat ini dihuni lebih dari 200 pedagang semakin kondusif. “Adanya tambahan ini semoga dapat mengakomodir kebutuhan kios bagi para pedagang yang saat ini masih berjualan di mobil, selain itu kondisi jalan disekitar pasar juga akan lebih longgar dan lancar jika para pedagang bermobil ini nanti masuk ke dalam kios,” tutup Subagiyo.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta