Pemerintah Kota Surakarta
SICF Kembali Digelar Tahun Ini
  April 12, 2018 20:33

Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) kembali hadir tahun 2018 ini untuk mengangkat keanekaragaman kekayaan kuliner di Kota Solo. SICF tahun ini diselenggarakan di parkir selatan Stadion Manahan Solo. Tema Utama yang diangkat di SICF 2018 adalah Kuliner Tempo Dulu dan masih menjadi tema utama di mana tahun ini memasuki tahun kelima. Pada upacara pembukaan, Kamis (12/4) malam, akan dibagikan 5.000 porsi sate kere gratis ke masyarakat yang hadir.
“Tema kami yang diangkat dalam SICF tahun 2018 adalah makanan tempo dulu, yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang berkunjung ke SICF secara gratis, untuk hari pertama adalah sate kere,” kata Ketua Pelaksana SICF 2018, Daryono. Beliau juga menambahkan untuk makanan tradisional yang akan dibagikan gratis di hari berikutnya adalah nasi liwet, tengkleng dan sebagainya.
Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Solo merupakan salah satu surganya pecinta kuliner, karena di Kota Solo memiliki makanan dan minuman khas yang berbeda dari kota-kota lain. Seperti tengkleng, sego liwet, tahu kupat, wedhang ronde, timlo, gudeg ceker, srabi notosuman dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Solo. “Apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap event Solo Indonesia Culinary Festival, di mana dalam kegiatan ini dapat mengangkat kuliner tradisional yang tenggelam oleh keberadaan kuliner modern,” jelas Wali Kota.
Dengan pengembangan wisata kuliner diharapkan tidak akan memutus rantai usaha seperti produsen makanan, pemasok bahan baku hingga distribusi bahan makanan. “Tidak lupa dengan adanya SICF diharapkan mampu memberikan sebuah kreasi baru terhadap makanan tradisional,” tambahnya. SICF tahun ini diikuti oleh 170 stand dari berbagai kalangan penggiat kuliner dan juga 30 persennya adalah UMKM terutama kuliner tempo dulu. SICF 2018 juga menjadi ajang edukasi, apresiasi, dan pelestarian potensi kuliner tradisional. Terlebih dengan adanya lomba makan serta adanya cooking demontration dari Chef Ken (salah satu kontestan Master chef) dan chef-chef terkenal lainnya yang membagi ilmunya kepada para peserta SICF.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

16

Visits total

425,530

Visitors total

330,780

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta