Pemerintah Kota Surakarta
Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama 2018
  April 27, 2018 23:22

Setelah kegiatan apel pagi, puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) terlihat bergegas menuju Balai Tawang Praja di komplek Balai Kota Surakarta, Rabu (25/04). Kehadiran para ASN ini untuk memenuhi undangan dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) dalam rangka Sosialisasi Seleksi Promosi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kota Surakarta. “Hari ini sejumlah ASN kami kumpulkan untuk mengikuti Sosialisasi Seleksi Jabatan Pimpinan Pratama yang beberapa bulan sudah kosong,” ungkap Asisten Administrasi Umum, Eny Tiyasini Susana.

Dalam acara sosialisasi ini turut pula diperkenalkan lima panitia seleksi yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan MenPAN dan RB Nomor 13 tahun 2014, yang terdiri dari 2 orang pansel dari kalangan birokrat dan 3 orang pansel dari kalangan akademisi, praktisi dan tokoh masyarakat. “Ada lima orang yang akan menjadi panitia seleksi, mereka adalah Ir. Budi Yulistianto, Drs. Rakhmat Sutomo, Dr. Anwar Hamdani, SH, SE, MM, MHum, Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE, M.Com dan Drs. H. Ichwan Dardiri,” jelas Eny.

Salah seorang panitia seleksi sekaligus ketua pansel, Anwar Hamdani menuturkan, sebanyak 147 pejabat eselon III diundang dalam acara sosialisasi, namun tak semua dari pejabat ini dapat mengikuti kegiatan seleksi. “Berdasarkan data BKD, dari 147 pejabat eselon III hanya 62 orang yang memenuhi persyaratan, namun demikian kami tetap mengundang seluruh pejabat eselon III untuk mengikuti acara ini, supaya beliau-beliau ini mengetahui bagaimana tahapan pelaksanaan seleksi itu berlangsung,” ungkap Anwar.

Ia melanjutkan, ada 5 jabatan pratama yang dapat diisi oleh para calon peserta pada seleksi kali ini, yakni Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (II.b), Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (II.b), Staf Ahli Wali Kota Bidang Keuangan dan Pembangunan (IIb), Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (IIb) dan Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik (IIb).

Anwar juga menambahkan pada saat kegiatan seleksi yang digelar mulai 23 April-akhir Mei 2018, akan ada 5 tahapan yang harus dilalui peserta, meliputi seleksi administrasi, uji program atau gagasan, uji kompetensi, wawancara akhir serta rekam jejak dan home visit. Sebagai catatan, hasil uji kompetensi akan berlaku selama 2 tahun, jadi bagi para peserta seleksi tahun 2016 tidak diwajibkan mengikuti uji kompetensi karena belum kadaluwarsa.

Anwar yang juga merupakan seorang dosen di STIE AUB mengatakan setiap akhir tahap kegiatan seleksi, pansel akan mengadakan rapat pleno untuk menentukan dan memutuskan hasil seleksi. “Akan ada rapat pleno disetiap akhir tahapan yang nantinya akan menentukan siapa-siapa saja peserta yang bisa lanjut ketahap selanjutnya dan siapa saja yang harus berhenti,” ujar Anwar.

Setelah semua tahap terlewati, pansel akan menyampaikan laporan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) tentang pelaksanaan seleksi dari hasil rapat pleno yang telah dilakukan sebelumnya. “Kami sebagai pansel akan menyampaikan laporan kepada PPK tentang hasil seleksi dan kemudian akan menyampaikan rekomendasi tiga nama berdasarkan hasil seleksi atau ranking penilaian yang meliputi, waktu memasukan lamaran, uji program atau gagasan, uji kompetensi, wawancara akhir, rekam jejak dan terakhir uji kesehatan, “ lanjut Anwar.

Sebagai catatan akhir, Anwar menambahkan setelah PPK menerima laporan dari pansel, PPK kemudian akan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah menyetujui, KASN akan memberikan rekomendasi secara tertulis kepada PPK (Wali Kota) yang akan menentukan satu nama untuk dilantik menjadi pimpinan tinggi pratama, “Jadi nanti dari 5 jabatan pimpinan pratama, masing-masing nanti akan ada tiga calon yang diajukan, nah itu nanti hak prerogatif Pak Wali untuk memilih siapa yang akan mejadi pejabat pimpinan pratama,” tutup Anwar.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta