Pemerintah Kota Surakarta
Serengan, Pusat Industri Shuttlecock di Kota Solo
  May 7, 2018 17:56

Salah satu produk unggulan di Kecamatan Serengan yakni pengrajin kok (shuttlecock). Ratusan Kepala Keluarga menggantungkan hidupnya dengan membuat kerajinan berbahan baku bulu ayam tersebut. Salah satu pengrajin kok yakni Pak yaya yang beralamatkan di Kelurahan Pringgolayan Kecamatan Serengan.

Yaya mengatakan, jumlah pengrajin kok (shuttlecock) kini mencapai 150 dari sebelumnya hanya puluhan. Produksi ‘shuttlecock’ dari sini terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pasar.  Menurut dia, industri “shuttlecock” di daerah tersebut sudah menjadi turun-temurun. Pihaknya mampu memproduksi kok antara 200-300 slop per hari.  Harga per slop dijual antara Rp40 ribu hingga Rp65 ribu per slop tergantung kualitasnya.
Produksi kok miliknya banyak dikirim ke Delanggu, Ciamis, Solo, Semarang, dan wilayah pantai utara Jawa lainnya.
Proses produksi kok berawal dari bulu ayam yang dipotong dibentuk kemudian dicuci, serta dijemur. Bulu dipilih sesuai kualitasnya kemudian diluruskan dengan cara dipanasi. Lalu, bulu yang sudah lurus dipasang ke bogem, distel dan kemudian ditali. Kok setelah ditali berikan lem atau perekat, diberikan merek dan penyelesaian masuk ke pengepakan.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

31

Visitors today

21

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta