Pemerintah Kota Surakarta
Dishub Surakarta Bagikan 3000 Peta Mudik
  June 11, 2018 10:12

Memasuki pekan terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri berbagai kemudahan layanan terus diberikan Pemerintah Kota Surakarta kepada para pemudik yang akan singgah ataupun yang hanya melintasi Kota Solo. Selain menyediakan rest area yang bisa dimanfaatkan pemudik, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta juga membagikan peta Panduan Mudik Lebaran Kota Surakarta secara gratis kepada para pemudik, Sabtu (09/06).

Pembagian leaflet atau peta mudik dimulai sekitar pukul 12.30 dengan mengambil lokasi awal di simpang Kleco. Belasan petugas Dishub Kota Surakarta yang didominasi petugas wanita dikerahkan untuk membagikan Peta Mudik. Mereka nampak gesit menghampiri kendaraan yang berhenti pada saat rambu lalu lintas menyala merah, terutama kendaraan pribadi dengan nomor polisi luar kota.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan dipilihnya simpang Kleco sebagai titik awal untuk membagikan peta mudik dikarenakan jalur atau lokasi tersebut menjadi salah satu jalur utama yang akan dilalui pemudik baik yang akan menuju Kota Solo maupun yang hanya sekedar melintas.

“Kenapa kami bagikan di Simpang Kleco karena disini merupakan batas kota, dimana pemudik belum sampai ke Kota Surakarta kami harap mereka bisa membaca dan mengalihkan rute bila tidak bertujuan ke Kota Surakarta dan bisa segera meninggalkan Kota Surakarta melalui jalur-jalur yang telah kami sediakan,” ungkap Ari.

Dirinya melanjutkan setidaknya akan ada 3000 peta mudik yang akan dibagikan untuk memberikan edukasi serta panduan kepada para pemudik sebagai langkah antisipasi agar tidak ada pemudik yang tersesat di Kota Solo.  Dalam leaflet ini, pemudik diberikan sejumlah petunjuk jalur-jalur alternatif untuk sampai ke daerah di sekitar Solo, ataupun untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan.

“3000 lembar nanti akan kita bagikan di jalan seperti ini, kemudian di setiap rest area, ada lima rest area yang kami miliki lalu juga di mall, hotel, SPBU dan rumah makan akan kita bagi dalam beberapa hari kedepan,” terang Ari. Ia manambahkan selain menggunakan leaflet Dishub juga akan mengunggah materi tersebut dalam bentuk digital.

Untuk itu Ari juga menyarankan bagi para pemudik mengunduh aplikasi Solo Destination dan Info Lalin Solo melalui Play Store pada perangkat Android. “Aplikasi tersebut dapat diakses secara real time dan terhubung dengan 36 CCTV pemantau lalu lintas di Kota Solo, selain itu pemudik juga bisa mendapatkan informasi mengenai penginapan, hotel maupun lokasi kuliner khas Kota Solo,” ujar dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan di Peta mudik memuat informasi mengenai kawasan rawan kemacetan, lima titik rest area, nomor telepon penting di Kota Solo hingga tarif parkir di sejumlah lokasi yang ada di Kota Solo. “Kami juga mencantumkan jalur alternatif melalui tol Solo – Kertosono ruas Solo-Ngawi yang kabarnya pada mudik tahun ini sudah diberlakukan dua arah,” ungkap Ari.

Sebelumnya Dishub juga telah mengambil Langkah lain untuk mengantisipasi pemudik yang mengalami kesulitan arah dengan memasang Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan (RPPJ) sebanyak 110 rambu. Berdasarkan data tahun 2017, sebanyak 7,9 juta kendaraan melintasi Kota Solo saat arus mudik maupun balik. “Tahun ini diprediksi naik 3 persen. Harapannya walaupun situasi lalu lintas nanti akan tetap padat namun dengan berbagai upaya yang kita lakukan dapat membuat situasi tetap dalam keadaan aman dan kondusif,” tutup Ari.

aosgi
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta