Sudiroprajan, Kampung Tionghoa Kota Solo

Sudiroprajan merupakan salah satu kampung yang ada di Kecamatan Jebres, Kota Solo. Pada waktu itu, Sudiroprajan adalah pasar keraton yang kini menjadi wilayah ramai perdagangan di Solo. Kampung ini dikenal dengan kampung Tionghoa karena banyak ditinggali etnis Tionghoa.

Warga pribumi keturunan jawa pun telah melebur menjadi satu dengan etnis Tionghoa, hidup berdampingan dengan mengedepankan toleransi kepada sesama. Suasana tersebut bisa tercipta atas kesadaran di lingkungan masyarakat di mana setiap orang saling membutuhkan. Proses perpaduan budaya dari Jawa dan Tionghoa tercipta dari kampung ini, terutama rangkaian tradisi untuk menyambut Imlek setiap tahunnya. Diantara perpaduan kedua budaya tersebut seperti Sedekah Bumi Buk Teko, Ritual Umbul Mantram dan Grebeg Sudiro.

Dari sekian banyak perpaduan budaya Jawa dengan Tionghoa, salah satu budaya yang menonjol adalah Grebeg Sudiro yang lebih didominasi oleh tradisi Tionghoa. Karena sering digelar setiap tahun untuk menyambut Imlek, tidak hanya masyarakat Sudiroprajan yang bisa menikmati dan menyaksikan bahkan seluruh penjuru masyarakat Kota Solo maupun di luar Solo.

Share This