Pemerintah Kota Surakarta
Tahok, Kuliner Kota Solo Yang Kaya Manfaat
  May 19, 2018 08:40

Tahok, salah satu kuliner di Kota Solo yang kian langka di jumpai. Kelembutan tahok mirip seperti bubur sumsum atau puding sutra. Pelerai dingin kala malam di Kota Solo. Selain itu, semangkok tahok juga kaya manfaat.

Penjual tahok di Kota Solo dapat kita jumpai di kawasan Pasar Gede. Dengan mengeluarkan uang Rp 6.000 (lima ribu rupiah), kita sudah bisa menikmati semangkuk hangat Tahok yang disajikan bersama dengan kuah jahe. Kuah jahe ini terbuat dari gula merah dan jahe bakar yang dimasak bersama air dan daun pandan serta sedikit sereh. Rasa jahe pada kuah ini juga tidak sepedas wedang jahe, jadi makanan ini juga cocok dikonsumsi oleh anak-anak.
Selain sebagai penghangat badan, ternyata tahok mempunyai segudang manfaat lainnya, misalnya saja sebagai sumber kalsium sehingga dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis; karena kandungan senyawa yang menyerupai estrogen tahok juga dapat menunda datangnya menopouse dan mencegah kanker prostat bagi kaum laki-laki. Jika dikonsumsi setiap pagi secara rutin, tahok juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu sekitar dua bulan. Menu ini juga cocok sebagai menu untuk diet karena dapat menurunkan berat badan dan mengurangi obesitas. Banyak sekali kegunaan dari menu makanan tradisional yang satu ini, sayangnya popularitasnya sudah tergeser obat-obatan modern yang ditawarkan dengan iklan yang lebih menarik.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta