Pemerintah Kota Surakarta
Kayu Barata Sena Solo
  May 19, 2018 10:02

Di tangan Barata Sena, tidak ada kayu yang jelek. Kayu jati bukan kayu yang terbaik lantaran semua kayu memiliki potensi yang luar biasa jika diolah dengan baik. Pria lulusan ISI jurusan Kriya Seni ini sudah puluhan tahun mengenal jenis kayu. Tangan dinginnya menyulap kayu menjadi kerajinan yang bernilai tinggi.
Pria kelahiran Solo 22 Maret 1969 ini sudah memiliki ratusan karya dengan bahan baku kayu. Karya-karyanya mulai dari kriya, fine art, dan furniture lahir bukan dari bahan baku kayu jati.  Barata juga tidak alergi dengan kayu retak, pecah, dan kayu rusak karena dimakan rayap.

Sebaliknya, ia justru memanfaatkan kekurangan kayunya  menjadi karya yang  menawan, indah, dan mengejutkan.
Karya-karya Barata memang berada di luar “pakem” karya furniture pada umumnya. Tidak hanya terpaku pada bentuk furniture. Tahun  2011 misalnya, ia menggelar pameran Jalan Kayu di Balai Soedjatmoko, Surakarta, yang menampilkan karya-karya fashion berbahan baku kayu; pakaian dalam wanita, tanktop, selendang, kebaya, rompi, baju, hingga sepatu.
Barata  mendekonstruksi lemari, meja, kursi, dan bufet sehingga menemukan bentuknya yang baru. Beberapa memang kehilangan fungsi, namun sebagian yang lain tetap berfungsi sebagai layaknya benda furniture.
Lemari-lemari berdiri miring dengan dua kaki, sementara dua kaki lainnya berjarak dengan lantai. Namun papan rak dalam lemari tetap sejajar lurus dengan lantai sehingga tetap berfungsi sebagai mana rak.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta