Pemerintah Kota Surakarta
Hari Ini, KA Solo Ekspress Mengawali Perjalanannya
  May 17, 2018 08:37

Kamis (17/5/2018) bertempat di Stasiun Balapan, Solo, PT. KAI melaunching rangkaian kereta api baru yang diberi nama KA Solo Ekspress. PT. KAI memberikan alternatif pilihan moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, dan sekitarnya. Setelah sekian lama warga Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, dan sekitarnya hanya dilayani oleh KA Prameks maka hari ini ada pilihan terbaru dari PT. KAI untuk perjalanan Solo – Kutoarjo yang lebih cepat dan nyaman. Acara dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas Kemenhub, Komisaris Utama PT. KAI, Wali Kota Surakarta, Direktur Operasi PT. KAI, Direktur Pra Sarana PT. KAI, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT. KAI, Kepala OPD Jajaran Pemerintah Kota Surakarta dan tamu undangan.

“Untuk memperkenalkan KA Solo Ekspres sekaligus untuk menarik minat masyarakat menggunakan KA ini,” ungkap Komisaris Utama PT. KAI, Suhono. PT KAI akan menggratiskan tiket perjalanan KA ini selama tiga hari, mulai tanggal 17 Mei s.d. 20 Mei 2018. Tiket gratis untuk KA Solo Ekspress akan diberikan kepada 200 penumpang di setiap perjalanannya selama 3 hari ini. KA Solo Ekspress merupakan jenis KRDE (Kereta Rel Diesel Ekspress) yang terdiri dari empat rangkaian dengan total kapasitas 393 orang baik penumpang duduk dan berdiri. “KA baru ini menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogya, Kutoarjo dan sekitarnya yang memerlukan waktu tempuh yang lebih cepat dan lebih nyaman dari kereta api lain dengan rute yang sama,” ujar Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto, yang hadir dalam peresmian operasional perdana Solo Ekspres.
KA Solo Ekspress juga mengakomodir penumpang dengan kebutuhan khusus yaitu dengan menyediakan area untuk penumpang yang berkursi roda. KA ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti AC, TV, USB Port dan toilet. Mulai 21 Mei 2018 PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp 40.000,- untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solobalapan (PP) dan Rp 30.000,- untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (PP) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (PP). Namun, khusus untuk perjalanan KA ini pada masa angkutan Lebaran yakni tanggal 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp 60.000,- untuk rute Kutoarjo-Solobalapan (PP) dan Rp 45.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (PP) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (PP).
Wali Kota Surakarta dalam sambutannya mengungkapkan Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata, sehingga keberadaan kereta ekspress Solo – Kutoarjo dapat memberikan keuntungan bagi Kota Solo, Jogja dan Kutoarjo. “Dengan diresmikannya KA Solo Ekspress ini, merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” jelas Wali Kota. Beliau berharap, kedepan akan ada kereta yang memfasilitasi wisata budaya dengan berhenti di spot-spot wisata seperti di Sriwedari, Ngarsopuro atau lokasi lainnya.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta