Pemerintah Kota Surakarta
Sejarah Kampung Arab di Kota Solo
  July 28, 2018 14:16

Pasar Kliwon dahulunya merupakan tempat penjualan kambing yang diadakan setiap hari pasaran Kliwon. Pasar ini berada di Kampung Arab,yang merupakan tempat tinggal khusus bagi orang-orang Arab di jaman penjajahan Belanda. Melalui kebijakan wijken stelsel, orang Arab dikategorikan penduduk Timur Asing dalam struktur masyarakat kolonial. Masyarakat tersebut diwajibkan tinggal di suatu tempat khusus yang telah ditentukan dan dipimpin oleh seorang kapiten. Hal itu bertujuan agar mereka mudah diawasi oleh Pemerintah Hindia Belanda yang takut terhadap Islam dan keturunan Arab.

Di Pasar Kliwon berdiri Rumah Sakit Kustati, salah satu RS yang terkenal di Kota Solo. Menurut sejarah, tanah untuk bangunan rumah sakit tersebut merupakan hadiah dari PB X kepada seorang keturunan Arab yang pernah menjadi guru mengaji dan menyembuhkan sakit putri sunan yang bernama Kustati. Untuk mengenang jasa sunan terutama putrinya yang sembuh dari sakit, maka rumah sakit itu diberi nama Kustati.

Di wilayah ini juga terdapat sebuah sumber mata air yang dinamakan Kedhung Pengantin. Sumber mata air ini mempunyai fungsi yang sangat penting bagi penduduk Surakarta, terutama bagi mereka yang hendak mengadakan upacara perkawinan. Air Kedhung Pengantin dgunakan untuk syarat kelengkapan upacara pernikahan.

Selain menjadi nama kelurahan, Pasar Kliwon juga menjadi nama Kecamatan dengan wilayah meliputi kelurahan Bathangan, Pasar Kliwon, Kedunglumbu, Semanggi, Gajahan, Kauman, Jayasuran, Sangkrah, Lojiwetan dan Gading. Dengan Surat Keputusan Pepatih Dalem tertanggal 18 September 1939, No 18/5C/5/I Kel. Gading dimasukkan ke wilayah Kel. Semanggi, sehingga tinggal sembilan kelurahan. Lojiwurung termasuk dalam kelurahan Sangkrah. Sejak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Loji Wurung kemudian oleh Pemkot Solo diganti namanya menjadi Kampung Baru.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

34

Visitors today

22

Visits total

425,296

Visitors total

330,646

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta