Pemerintah Kota Surakarta
Pemkot Adakan Peringatan Serangan Umum Empat Hari di Kota Surakarta
  August 7, 2018 09:00

Surakarta – Pemerintah Kota Surakarta mengadakan Upacara Peringatan Serangan Umum Empat Hari di Kota Solo di Balai Kota Senin (7/8/2018).  Upacara dihadiri oleh Para Veteran yang tergabung dalam Tentara Pelajar Kota Sala/Eks Brigade 17 Surakarta, DPRD Kota Surakarta, Para Pejabat Sipil, TNI, POLRI, Para Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan. Upacara dibuka dengan persembahan tarian Krido Retno oleh Dinas Kebudayaan Kota Surakarta yang menggambarkan  perjuangan dan pengorbanan para prajurit dalam mempertahankan persatuan, kesatuan, dan keutuhan Negara semboyan pantang menyerah selalu di kobarkan.

“Peristiwa tersebut memberi kenangan kepada kita terhadap perjuangan Tentara Pelajar (TP) yang dipimpin oleh Letkol Slamet Riyadi dan Mayor Ahmadi / TNI Brigade 17. sebuah fenomena sejarah dunia yang belum pernah ada terjadi di negara manapun, di mana para pelajar yang rata-rata berusia belasan tahun, ternyata mampu menghajar sekaligus mengalahkan tentara sekutu” jelas Ketua DPRD, Teguh Prakosa dalam sambutannya.

Serangan umum empat hari di Kota Solo dari tanggal 7 – 10 Agutus 1949, sebuah momentum dalam mempertahankan eksistensi bangsa yang merdeka. Serangan Umum mampu menyadarkan Belanda dan berkesimpulan bahwa Belanda tidak mampu bertahan lebih lama di Solo, yang kemudian  secepatnya menarik mundur tentaranya dari daerah Surakarta, pada akhirnya meninggalkan Indonesia pada tanggal 12 November 1949.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,644

Visitors total

330,848

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta