Pemerintah Kota Surakarta
Sanggar Wayang Gogon, Rekomendasi Produk Wayang Kulit
  August 16, 2019 15:28

Branding Solo sebagai kota budaya tidak lepas dari produksi alat kebudayaan untuk dimainkan. Seperti wayang kulit produk dari Sanggar Wayang Gogon yang berlokasi di Jl. Halilintar No. 140, Kentingan, Jebres, Kota Surakarta, setiap hari tempat ini memproduksi wayang kulit baik ada pesanan maupun tidak karena bertujuan memenuhi permintaan kolektor yang ingin membeli satu set wayang. Untuk pengerjaannya satu set wayang memerlukan waktu hingga dua bulan.

Wayang terbuat dari kulit kerbau yang sudah disamak dan dijemur dengan cara direntangkan supaya kulit menjadi lebar dan kuat untuk diberi pola sesuai tokoh wayang. Setelah pemberian pola selesai makan pewarnaan dan pemberian gapit dari tanduk kerbai menjadi proses selanjutnya. Pengerjaannya pun masih tergolong sederhana dan manual menggunakan tangan sehingga tak heran jika hasilnya menjadi lebih berkualitas. Tak heran jika satu tokoh wayang harganya mencapai ratusan ribu rupiah.

Jika satu wayang kulit dijual mulai Rp. 250.000,- hingga 1,5 juta sesuai dengan ukuran dan tingkat kehalusannya, maka satu set wayang kulit dapat mencapai 100-200 juta rupiah bahkan lebih.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta